Tingkatkan produksi, Pemkab Seruyan diminta ikut beri subsidi ke petani

id Pemkab Seruyan diminta ikut beri subsidi ke petani, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto, DPRD Kabupaten Seruyan, DP

Tingkatkan produksi, Pemkab Seruyan diminta ikut beri subsidi ke petani

Ketua Komisi A DPRD Seruyan Bejo Riyanto di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor.

Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Bejo Riyanto mendorong pemerintah setempat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) , agar bisa terus melakukan upaya dalam rangka meningkatkan dan memajukan sektor pertanian, salah satunya dengan memberikan program subsidi.

"Meningkatkan dan memaksimalkan subsidi pada sektor pertanian, contohnya saja pupuk bersubsidi yang telah diprogramkan Pemerintah Pusat. Tinggal bagaimana pemkab memberikan subsidi untuk jenis lainnya," kata Bejo di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurut dia, subsidi pada sektor pertanian bisa diwujudkan dalam berbagai program yang dimaksudkan untuk memberikan kemudahan serta keringanan bagi masyarakat, khususnya petani dalam menjalankan aktivitas profesinya, sehingga dengan adanya program tersebut para petani bisa lebih maksimal dalam bertani.

"Jadi, subsidi tersebut artinya dibantu oleh pemerintah. Misalnya saja program benih subsidi, jadi petani bisa membeli bibit berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah karena sudah ada subsidi dari pemerintah dan masih banyak program-program lainnya," ungkapnya.

Legislator Seruyan itu menyampaikan, Pemkab harus lebih serius menjalankan semua perencanaan pada sektor pertanian yang sudah disusun dengan merealisasikan program tersebut. Salah satunya adalah perencanaan pada program subsidi pertanian.

Kemudian, Implementasi kebijakan subsidi diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas produksi petani serta bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan swasembada pangan.

"Hasil pertanian ini menyangkut masalah pangan dan hal tersebut adalah kebutuhan pokok masyarakat. Sehingga memang kita perlu serius terhadap hal-hal yang menyangkut dengan kemajuan sektor pertanian," harapnya.

Baca juga: DPRD Seruyan minta bendungan penangkap ikan dibuat di Cempaka Baru

Politisi Partai Amanat Nasional itu menambahkan bahwa untuk potensi pertanian di daerah pemilihan (Dapil I) yang meliputi Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur sangat menjanjikan untuk dikelola dengan maksimal.

"Potensi pertanian di dapil  ini sangat potensi sekali untuk dimaksimalkan karena dari segi lahan sangat banyak dan sebagian besar masyarakat berprofesi sebagai petani," demikian Bejo.

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan dorong pemanfaatan teknologi digital promosikan pariwisata

Baca juga: Ketua PDI Perjuangan Seruyan bagikan 27,5 ton beras