Legislator dorong Pemkab Seruyan perbanyak program pelatihan ciptakan SDM siap kerja

id Dprd seruyan, bejo riyanto, pelatihan, sdm seruyan, sdm siap pakai, tenaga kontrak, penghapusan tenaga kontrak, kuala pembuang, seruyan, kalteng

Legislator dorong Pemkab Seruyan perbanyak program pelatihan ciptakan SDM siap kerja

Legislator Seruyan Bejo Riyanto. (ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan)

Tujuan ini dilakukan, agar masyarakat Seruyan siap kerja atau siap pakai
Kuala Pembuang (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bejo Riyanto mendorong Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi terus berinovasi dan memiliki berbagai terobosan, dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM).
 
"Salah satunya dengan memperbanyak latihan kerja kepada masyarakat," kata Bejo di Kuala Pembuang, Senin.
 
Menurutnya pengembangan SDM masyarakat sangat penting untuk kemajuan pembangunan di Bumi Gawi Hantantiring, sehingga potensi-potensi yang dimiliki bisa tergali dan dikelola maksimal.
 
Bejo yang juga Ketua Komisi A DPRD Seruyan ini mengatakan, sebagai upaya meningkatkan SDM, tak kalah penting dilakukan adalah pelatihan kepada masyarakat yang memang berkaitan dengan potensi yang dimiliki di Seruyan.
 
“Saya rasa Disnakertrans bisa melakukan terobosan dalam meningkatkan SDM di Seruyan. Kami menyarankan agar dinas terkait bisa melaksanakan kegiatan semacam pelatihan seperti di bidang perkebunan, pertanian, perikanan dan lainnya,” jelasnya.

Baca juga: PLN sambung listrik gratis untuk 110 keluarga di Seruyan
 
Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyampaikan, dengan memberikan pelatihan maka akan berdampak positif bagi masyarakat serta membawa kemajuan terhadap pembangunan di Seruyan.
 
Dia berharap, ketika itu dilaksanakan maupun ditingkatkan, maka ke depan bisa menciptakan SDM yang siap pakai. Terlebih, menyikapi soal rencana penghapusan tenaga honorer atau kontrak pada 2023 mendatang.
 
“Tujuan ini dilakukan, agar masyarakat Seruyan siap kerja atau siap pakai. Mengingat ada rencana penghapusan tenaga honorer di tahun 2023. Oleh karena itu diharapkan Pemkab Seruyan bisa memberikan pelatihan-pelatihan kepada masyarakat,” jelasnya.
 
Dia juga menambahkan dengan adanya pelatihan kerja ini bisa mengatasi angka pengangguran di Seruyan, dengan keterampilan dan pengetahuan yang dihasilkan masyarakat, juga lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keahlian mereka.

Baca juga: AKPSI surati presiden minta perjuangkan harga TBS agar kembali stabil

Baca juga: Disporaparbud Seruyan disarankan cari tempat representatif lapangan sepak bola

Baca juga: DPRD Seruyan dorong penataan permukiman kumuh