Pemulihan ekonomi di Kalteng harus terus diupayakan dan dijaga

id Kepala Bank Indonesia Kalimantan Tengah, Yura Adalin Djalins, Bank Indonesia, BI Kalimantan Tengah, BI Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, Pesona Tam

Pemulihan ekonomi di Kalteng harus terus diupayakan dan dijaga

Sejumlah UMKM di Kalteng tampak mengikuti pameran Pesona Tambun Bungai yang digelar BI bersama pemerintah provinsi di halaman KONI Kalteng, Kamis (4/8/2022). ANTARA/Jaya WM.

Palangka Raya (ANTARA) - Kepala Bank Indonesia Kalimantan Tengah Yura Adalin Djalins berharap pemulihan ekonomi yang terus berlangsung, harus tetap dijaga dan diupayakan bersama, agar sektor-sektor terdampak pandemi COVID-19, terkhusus UMKM dan jasa pariwisata, dapat segera bangkit mengejar ketertinggalan.

BI Kalteng bersama pemerintah daerah sejak awal pandemi hingga kini terus menjalin komitmen dan berupaya menciptakan permintaan terhadap produk UMUM dan pariwisata, kata Yura saat pembukaan Pesona Tambun Bungai 2022 di Palangka Raya, Kamis.

"Kualitas dan kuantitas produk UMKM dan pariwisata di daerah ini juga terus ditingkatkan, agar mampu bertahan serta bersaing dalam kancah perdagangan global," tambah dia.

Dikatakan, dari sisi dukungan terhadap permintaan, pada tahun 2021 BI bersama Pemprov Kalteng telah menginisiasi dan meluncurkan etalase digital yakni belanjakalteng.com. Langkah itu dilakukan sebagai upaya memperluas permintaan yang semula terhambat karena pembatasan mobilitas, menjadi terbuka lebar dan tanpa batas.

Yura mengatakan, dari sisi penawaran, BI bersama pemda di Kalteng juga terus meningkatkan kapasitas UMKM, agar dapat memiliki kemampuan dalam penjualan secara on-line melalui berbagai kegiatan onboarding UMKM, sosialisasi penggunaan platform penjualan melalui e-commerce maupun media sosial, serta memfasilitasi keikutsertaan dalam pameran tingkat nasional maupun internasional. 

"Produk Pempek Ikan Gabus dari PMEFS telah berhasil tembus ke pameran seafood Osaka dan tas rotan ke Jepang dan London," ungkap dia.

Baca juga: Pesona Tambun Bungai 2022 hadirkan banyak kegiatan UMKM dan pariwisata

Meski begitu, dirinya tetap mengingatkan bahwa berbagai hal yang telah dilakukan itu akan berdampak luas terhadap pemulihan ekonomi, apabila didukung semua semua pihak serta terus diupayakan secara berkelanjutan, termasuk mencari solusi dalam meningkatkan permintaan UMKM dan pariwisata, yaitu melalui sinergi program antara stakeholder di daerah.

Kepala BI Kalteng ini mengatakan, hal itulah mendasari pihaknya BI berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Kalteng, kembali mengakselerasi program Festival UMKM dan Pariwisata dalam satu kegiatan, yakni Pesona Tambun Bungai 2022 yang dilaksanakan secara offline di Palangka Raya dan Pangkalan Bun.

"Tantangan dan peluang pasca turunnya kasus COVID-19 seperti sekarang ini, memang perlu dicermati dengan baik," demikian Yura.

Baca juga: BI siapkan 'Pesona Tambun Bungai' dukung pertumbuhan ekonomi daerah

Baca juga: Dukung UCI MTB, Bandara Tjilik Riwut sediakan ruang bagi UMKM dan perajin

Baca juga: Kalteng dukung pengurangan emisi GRK melalui pembangunan berwawasan lingkungan