Wabup Bartim optimistis Paskibraka sukses menjalankan tugas

id Wabup Bartim optimistis Paskibraka sukses menjalankantugas, kalteng, bartim, barito timur

Wabup Bartim optimistis Paskibraka sukses menjalankan tugas

Siswi SMAN 1 Dusun Tengah, Tyara Febrianty mencium bendera merah putih saat dikukuhkan sebagai anggota Paskibraka Barito Timur di Tamiang Layang, Senin (15/8/2022). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh berharap upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu (17/8) terlaksana dengan sukses.

“Untuk mencapai kesuksesan itu anggota Paskibraka kiranya dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya sejak dikukuhkan,” kata Habib Saleh di Tamiang Layang usai mengukuhkan Paskibraka di Tamiang Layang, Senin.

Menurutnya, anggota Paskibraka Barito Timur bisa mempersiapkan diri dengan menjaga kesehatan, jaga makanan, konsentrasi yang baik hingga pelaksanaan tugas penting yakni pengibaran dan penurunan bendera pada HUT ke-77 Kemerdekaan RI. 

Habib Saleh juga meminta Paskibraka sebagai elemen yang bisa membangun persatuan, kerukunan dan kekompakan sesama warga negara. Mereka diharapkan menjadi panutan diantara sesama generasi muda yang siap membangun Indonesia.

Generasi muda selalu menempati peran yang sangat strategis dari setiap peristiwa penting yang terjadi. Generasi muda menjadi tulang punggung dari keutuhan perjuangan melawan penjajahan saat itu.

Komandan Tim Pelatih Paskibraka Barito Timur, Iptu S Agus Purnomo mengatakan bahwa Paskibraka terus dilatih dan hingga dua hari sebelum pelaksanaan HUT RI ke-77 memiliki kesiapan yang cukup matang.

Baca juga: Pemkab Bartim gencarkan penanaman jagung

“Jika kesiapan saat ini dipresentasikan maka kesiapan paskibraka sudah 100 persen siap,” kata Iptu S Agus Purnomo.

Dia juga menjelaskan, Paskibraka Barito Timur berjumlah 30 orang terdiri dari 15 orang putra dan 15 orang putri. Sedangkan untuk provinsi ada dua orang putra dan dua orang Putri.

“Paskibraka Barito Timur saat ini merupakan hasil seleksi tahun 2021 kemarin. Karena adanya pandemi COVID-19 sehingga tidak terlaksana dan bisa dilaksanakan pada 2022,” kata Agus.

Pria yang menjabat KBO Samapta Polres Barito Timur itu optimis mental, fisik dan kesiapan anggota Paskibraka sudah tidak diragukan lagi.

“Mereka ini hebat. Di luar jam latihan, mereka bisa melatih diri diri sendiri secara mandiri, khususnya anggota delapan yakni bagian pengibar bendera,” demikian S Agus Purnomo.

Baca juga: Bupati Bartim ajak masyarakat tetap laksanakan prokes

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Bartim lebih mengonsumsi beras lokal

Baca juga: Bupati Bartim minta penertiban penjual miras di atas lima persen