Pj Bupati Barsel: Jadikan HUT RI ke-77 momen mendukung dan mengisi pembangunan

id Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana, Barito Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Barsel, Kalteng, HUT RI

Pj Bupati Barsel: Jadikan HUT RI ke-77 momen mendukung dan mengisi pembangunan

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana saat menyerahkan bendera kepada paskibraka untuk dikibarkan, di Buntok, Rabu (17/8/2022). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana mengajak seluruh lapisan masyarakat di kabupaten setempat, menjadikan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 sebagai momentum bagi seluruh elemen untuk terus mendukung dan mengisi pembangunan.

"Pada momentum ini, kita semua diharapkan terus bersama-sama mendukung dan mengisi pembangunan," katanya usai menjadi inspektur upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka memperingati HUT RI ke-77 di Buntok, Rabu.

Menurut dia, tema peringatan HUT RI ke-77 "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat", mencerminkan rasa optimisme seluruh komponen bangsa. Hal itu agar seluruh komponen bangsa ini supaya bersinergi mewujudkan sesuai dengan tema untuk bangkit lebih kuat lagi dari dampak pandemi COVID-19 ini menuju Indonesia maju," ucapnya.

Lisda mengatakan selaras dengan tema besar tersebut lanjut Lisda, seluruh elemen pada momentum ini juga dapat semakin mempererat rasa kebersamaan, menumbuhkembangkan semangat gotong royong serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. 

"Mari kita lanjutkan cita-cita perjuangan kemerdekaan para pendahulu kita, dengan terus berkarya sesuai bidang masing-masing, dan turut serta memajukan pembangunan dan kesejahteraan bangsa, khususnya di Barito Selatan," kata Lisda.

Ia menyampaikan, adapun salah satu upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Selatan dalam meningkatkan perekonomian masyarakat itu dengan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di daerah ini.

"UMKM yang ada di daerah ini sudah mengikuti event-event nasional dan internasional seperti dalam kegiatan kejuaraan dunia sepeda gunung UCI Eliminator World Cup 2022 yang akan dilaksanakan di Palangka Raya pada 28 Agustus mendatang," jelasnya.

Baca juga: Sejumlah sekolah ikuti lomba gerak jalan Kodim 1012 Buntok

Ia menyampaikan, ada sebanyak kurang lebih 100 UMKM yang ada di Barito Selatan ini yang akan mengikuti pameran dalam kegiatan kejuaraan dunia sepeda gunung tersebut.

"Itu semua merupakan salah satu upaya yang kita lakukan untuk terus meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di daerah ini," terang Lisda.

Upacara bendera yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Barito Selatan tersebut dihadiri Ketua DPRD, HM Farid Yusran dan sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), sejumlah Kepala SOPD dan sebagai peserta upacaranya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan sejumlah pelajar di wilayah setempat.

Baca juga: DPRD Barsel: Hasil pendalaman komisi jadi bahan pembahasan KUA-PPAS

Baca juga: Perserosi Barsel diharapkan terus tingkatkan prestasi