Maknai hari kemerdekaan dengan mengingat jasa para pejuang

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, Palangka Raya, Kalteng, HUT RI, HUT Kemerdekaan RI, HUT R

Maknai hari kemerdekaan dengan mengingat jasa para pejuang

Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto mengajak seluruh lapisan masyarakat, terkhusus di wilayah setempat, agar memaknai Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-77 Tahun dengan mengingat jasa-jasa para pejuang yang telah gugur merebut kemerdekaan bangsa ini dari tangan para penjajah.

"Setidaknya kita yang sudah menikmati kemerdekaan ini, bisa menjaga dan semakin memperkuat keutuhan NKRI serta gangguan dari hal-hal yang dapat mengganggu keamanan negara yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab," kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.

Dia menuturkan, peringatan hari kemerdekaan tidak hanya menjadi acara seremonial yang setiap tahunnya selalu diperingati pada 17 Agustus. Dengan mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan kemerdekaan, sehingga generasi bangsa yang ada dapat melanjutkan perjuangan bangsa.

Dengan apa yang telah dilakukan oleh para pejuang, maka generasi yang kini sudah menikmati kemerdekaan selama 77 tahun alangkah baiknya menjaga keutuhan negara ini dari adanya gangguan dari berbagai hal.

"Salah satunya bisa memecah belah keutuhan bangsa, merusak generasi generasi bangsa ini dan lain sebagainya," bebernya.

Sigit yang juga menjabat sebagai Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Kalteng mengajak seluruh masyarakat, agar memerangi persoalan narkoba yang dapat merusak generasi muda di daerah setempat.

Apabila hal tersebut diperangi secara masif, maka generasi bangsa ini tidak akan mudah rusak akibat yang namanya narkoba apalagi saat ini peredarannya sangat masif ke masyarakat.

"Mari kita jaga negara kita ini dari gangguan berbagai hal terhadap generasi muda yang nantinya melanjutkan, kemerdekaan yang sudah direbut oleh para pejuang yang telah mendahului kita," ungkapnya.

Baca juga: Gerakan Pramuka bentuk karakter positif generasi muda

Berdasarkan pantauan di lapangan, masyarakat 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya memeriahkan hari kemerdekaan dengan mempercantik komplek rumah dengan berbagai pernak pernik kemerdekaan, baik itu lampu hias merah putih, bendera serta mengecat gapura masuk gang atau jalan komplek perumahannya.

Tidak hanya itu pemerintah setempat juga menghiasi berbagai perkantorannya, sehingga terlihat cantik. Selanjutnya masyarakat di setiap komplek juga mengadakan perlombaan, baik lomba panjat pinang, mengisi air dalam botol dan lain sebagainya diperlombakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI ke-77 tahun.

Baca juga: Sambut kemerdekaan RI ke-77, Ketua DPRD Palangka Raya bagikan bendera ke warga

Baca juga: Konsorsium PBS didesak segera perbaiki jalan Kurun-Palangka Raya