Dinkes: Vaksinasi dosis 3 di Kapuas sudah tercapai 27,14 persen

id Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, dr Tonun Irawati Panjaitan, Kapuas, kalimantan tengah, kalteng, dinas kesehatan kapuas, vaksinasi covid-19 di kapu

Dinkes: Vaksinasi dosis 3 di Kapuas sudah tercapai 27,14 persen

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas dr Tonun Irawati Panjaitan. ANTARA/ All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Berdasarkan update laporan vaksinasi COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, per tanggal 11 Oktober 2022, tercatat total masyarakat yang sudah vaksinasi dosis ke 3 di daerah setempat mencapai 27,14 persen.

"Jadi, cakupan sementara vaksinasi dosis ke 3 sudah mencakup 87.052 orang dari total sasaran vaksinasi sebanyak 320.760 orang," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas dr Tonun Irawati Panjaitan di Kuala Kapuas, Kamis (13/10).

Adapun rincian dosis 3 yakni, SDM Kesehatan berjumlah 2.224 orang, petugas publik 12.491 orang, Lansia 9.447, remaja sebanyak 781 dan masyarakat umum 62.108. Sementara untuk vaksin dosis ke 2 sudah mencakup 267.673 orang atau mencapai 83,45 persen. Sedangkan untuk vaksin dosis ke 1 sudah mencakup 309.278 orang atau mencapai 96.42 persen.

"Tentunya dukungan masyarakat juga sangat diharapkan dalam mensukseskan capaian vaksinasi di wilayah Kabupaten Kapuas," katanya.

Mantan Kepala UPT Puskesmas Selat ini, juga mengajak masyarakat yang belum menerima vaksinasi COVID-19 baik dosis pertama, kedua dan ketiga bisa datang langsung ke tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Selain itu, masyarakat juga di ingatkan untuk tetap selalu menjaga protokol kesehatannya walaupun tingkat kasus COVID-19 di kabupaten setempat, tidak meningkat terlalu tajam. Namun tetap harus waspada upaya pencegahan penyebaran virus corona tersebut.

Baca juga: Pemprov Kalteng alokasikan Rp559 juta bantu pelaku usaha perikanan Kapuas

"Walaupun kasus COVID-19 melandai, namun kita tetap mematuhi protokol kesehatan dalam melaksanakan aktifitas sehari-hari di luar rumah. Paling tidak tetap menggunakan masker ditempat keramaian sebagai upaya pencegahan," harapnya.

Demikian juga, tambahnya, masyarakat diingatkan untuk tetap selalu menjaga kesehatannya terhadap cuaca yang saat ini tidak menentu terkadang hujan dan panas, yang rentan tubuh manusia terkena penyakit.

"Tetap menjaga pola hidup sehat, kebersihan dan lain sebagainya, agar terhindar dari penyakit," demikian dr Tonun.

Baca juga: Tekan inflasi, Agustiar Sabran berikan subsidi 6 ribu paket sembako bagi warga Kapuas

Baca juga: Bupati: Hampir 50 persen kebutuhan beras di Kalteng dari Kapuas