Angkutan diminta perhatikan tonase saat melintasi jalan menuju Kuala Kurun

id Angkutan diminta perhatikan tonase saat melintasi jalan menuju Kuala Kurun, kalteng, gumas, gunung mas

Angkutan diminta perhatikan tonase saat melintasi jalan menuju Kuala Kurun

Legislator Kabupaten Gunung Mas Rayaniatie Djangkan didampingi Sekda Yansiterson dan lainnya meninjau penanganan jalan nasional menuju Kota Kuala Kurun yang longsor, Kamis (20/10/2022). ANTARA/Protokol dan Perjalanan Setda Gunung Mas

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Rayaniatie Djangkan meminta kepada kendaraan angkutan agar memperhatikan tonase saat melintas di ruas jalan nasional menuju Kuala Kurun.

Sebab, ruas jalan tersebut sempat mengalami longsor dan saat ini masih dalam penanganan darurat yang dilakukan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Kalteng, kata Rayaniatie di Kuala Kurun, Kamis.

“Demi keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain, angkutan saya ingatkan agar memperhatikan tonase saat melintas di ruas jalan nasional menuju Kota Kuala Kurun,” sambungnya.

Selain itu, dia meminta kepada aparat dan pihak terkait lainnya untuk memantau kendaraan yang melintas, serta memastikan jalan tersebut tidak dilalui oleh truk atau kendaraan yang melebihi tonase.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga meminta kepada pengendara kendaraan bermotor agar selalu mengikuti arahan dari petugas di lapangan, yang mengatur lalu lintas, demi keselamatan bersama.

Baca juga: PKL hingga mantan camat di Gumas ikuti tes panwaslu kecamatan

“Semoga penanganan permanen terhadap jalan tersebut juga bisa segera dilakukan,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Gunung Mas, Yansiterson mengatakan, sebagai dampak dari terganggunya akses transportasi akibat longsor, telah diprioritaskan pengalihan arus lalu lintas melalui dua feri penyeberangan. Dua feri penyeberangan tersebut berada di Kuala Kurun dan Desa Tumbang Hakau, Kecamatan Kurun.

Melalui perangkat daerah terkait, Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menginventarisir hal-hal yang bisa didukung dan dibantu oleh di dua feri penyeberangan ini. Bantuan akan dilakukan melalui belanja tidak terduga.

Pemkab Gunung Mas juga sedang berkoordinasi, mencari feri penyeberangan dari tempat lain, supaya difungsikan di feri penyeberangan Kuala Kurun. Dengan demikian diharap pelayanan kepada masyarakat bisa lebih maksimal.

“Saya juga menugaskan DPU Gunung Mas agar mencermati kondisi jalan kabupaten, yakni dari Kuala Kurun menuju Tumbang Hakau. Termasuk beberapa jembatan yang ada di sepanjang jalan Kuala Kurun menuju Tumbang Hakau,” demikian Yansiterson.

Baca juga: Jalan menuju Kuala Kurun diperbaiki, Bupati gumas minta pengguna jalan berhati-hati

Baca juga: Penanganan darurat jalan longsor menuju Kuala Kurun mulai dilakukan

Baca juga: Bupati Gumas ajak berbagi berkat untuk pembangunan gereja