Disperindagkop UKM Murung Raya latih 30 orang membuat batik cap

id Disperindagkop UKM Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Murung Raya, kalteng, disperindagkop Murung Raya, kepala disperindagkop Murung Raya, Suri

Disperindagkop UKM Murung Raya latih 30 orang membuat batik cap

Wakil Bupati Murung Raya, Rejikinoor (kiri) menyaksikan pengalungan tanda peserta pada kegiatan Diklat 3 in 1 pembuatan batik cap angkatan 4 yang dilaksanakan di aula gedung dewan adat dayak (DAD) di Puruk Cahu, Rabu (2/11/2022). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop UKM) Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) 3 in 1 pembuatan batik cap angkatan 4 yang dilaksanakan di aula gedung dewan adat dayak (DAD).

Diklat yang diikuti sebanyak 30 orang warga Murung Raya tersebut dilatih oleh instruktur dari Balai Diklat Industri Padang, Sumatera Barat  selama sembilan hari ke depan, kata Kepala Disperindagkop UKM Murung Raya Suria Siri di Puruk Cahu, Rabu.

"Terlaksananya Diklat tersebut diinisiasi oleh anggota DPR RI dapil Kalteng, Willy M Yoseph kerja sama dengan Balai Diklat Industri Padang," beber dia.

Menurut Suria, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan tersebut sehingga langsung mengumpulkan warga yang berminat untuk dilatih membuat batik cap khas Murung Raya dan diharapkan menjadi salah satu kebanggaan ke depannya.

"Peserta diklat berasal dari desa atau kelurahan di sekitar Kota Puruk Cahu dengan waktu pelaksanaan selama sembilan hari ke depan," ujar Suria.

Menurut Suria lagi peserta sesudah mengikuti pelatihan akan uji kemampuannya dalam membuat batik oleh para instruktur, dan setelah dianggap berkompeten akan diberikan sertifikat dari lembaga sertifikasi berwenang.

Baca juga: Bupati Murung Raya: MTQ sebagai momen menjaga toleransi

Sementara itu, sebelum membuka kegiatan Diklat tersebut, Wakil Bupati Murung Raya Rejikinoor mengatakan kegiatan itu sebagai bentuk promosi produk lokal sehingga para pelaku usaha kecil mampu bersaing dengan pelaku usaha yang sudah maju dan berwawasan.

"Pada kesempatan ini saya sampaikan kepada para peserta pelatihan agar lebih rajin dan gigih dalam mengikuti pelatihan ini, sehingga dapat ditularkan atau dikembangkan pada warga kita yang lainnya, serta dapat bermanfaat bagi masyarakat kita," jelas Rejikinoor.

Dalam kesempatan tersebut juga, Rejikinoor mengucapkan terima kasih kepada Anggota DPR RI Dapil Kalteng Willy M Yoseph serta Balai Diklat Industri Padang yang telah memberikan pelatihan kepada warga Murung Raya yang diyakini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha kecil, sehingga dapat dikembangkan di Kabupaten Murung Raya.

Baca juga: Wabup Mura: Pemuda dari dahulu hingga sekarang penentu kemajuan bangsa

Baca juga: Ketua DPRD Murung Raya berharap MTQ jadi pendorong pembangunan spiritual beragama

Baca juga: PDIP targetkan sembilan kursi di DPRD Murung Raya pada Pemilu 2024