Bupati Katingan minta perusahaan optimal realisasikan CSR

id Bupati Katingan minta perusahaan optimal realisasikan CSR, Kalteng, katingan, sakariyas

Bupati Katingan minta perusahaan optimal realisasikan CSR

Bupati Katingan, Sakariyas. ANTARA/Fernando Rajagukguk

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, meminta kepada seluruh perusahaan swasta yang ada di daerah setempat agar melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) masing-masing secara optimal guna mendukung pembangunan daerah.

"Pembangunan daerah bukan hanya tanggung jawab pemerintah namun diperlukan dukungan oleh seluruh pemangku kepentingan termasuk seluruh perusahaan swasta yang ada dan berusaha di daerah ini," kata Bupati Katingan, Sakariyas di Kasongan, Senin.

Dia menjelaskan, saat ini di Kabupaten Katingan terdapat 64 perusahaan besar swasta (PBS) diantaranya  31 PBS sektor perkebunan, 13 PBS sektor kehutanan dan 20 PBS sektor pertambangan. Ditambah dengan perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam sektor perdagangan serta jasa.

Menurutnya, pelaksanaan CSR selama ini masih belum optimal dilaksanakan oleh para perusahaan. Hal tersebut tidak sebanding antara pencapaian CSR dengan potensi dan jumlah perusahaan yang ada. Harapannya optimalisasi tersebut bisa segera diwujudkan.

Baca juga: Bupati Katingan ajak masyarakat gemar mengonsumsi ikan

"Menurut saya penyebab belum optimalnya CSR oleh perusahaan karena pelaksanaan kegiatan tersebut sifatnya lebih kepada menunggu proposal yang masuk. Selain itu masih terdapat tumpang tindih kegiatan dengan program pembangunan yang disusun pemerintah daerah," terang dia.

Kepala Bappedalitbang Katingan, Jonianto menyampaikan, guna mendukung keinginan Bupati Katingan tersebut, pihaknya telah melaksanakan kegiatan forum koordinasi pelaksanaan CSR sekaligus peluncuran sistem informasi terintegrasi CSR dan pembangunan daerah.

Tujuan kegiatan itu yakni membentuk suatu wadah koordinasi antara pemangku kepentingan mulai pemerintah daerah, perusahaan dan masyarakat untuk menyinergikan peranan masing-masing dalam menyusun perencanaan dan pelaksanaan CSR di Kabupaten Katingan.

"Kami berupaya mewujudkan optimalisasi pelaksanaan CSR demi mendukung pembangunan daerah dengan berbagai cara, salah satunya dengan pengintegrasian antara perencanaan dan pelaksanaan CSR dengan pembangunan daerah yang disusun pemerintah daerah," demikian Jonianto.

Baca juga: Katingan peringkat pertama PPID Utama tingkat Kalteng

Baca juga: Pemprov Kalteng kirim bantuan banjir untuk Katingan dan Kapuas

Baca juga: Katingan wujudkan pengintegrasian pelayanan publik satu tempat