Pemprov Kalteng kirim bantuan banjir untuk Katingan dan Kapuas

id Pemprov kalteng, gubernur kalteng sugianto sabran, bantuan banjir kalteng, banjir kalteng, banjir katingan, banjir kapuas, kalteng, kalimantan tengah

Pemprov Kalteng kirim bantuan banjir untuk Katingan dan Kapuas

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyerahkan bantuan banjir untuk kemudian didistribusikan kepada masyarakat, Palangka Raya, (24/11). (ANTARA/HO-Biro Adpim Setda Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mengirimkan bantuan untuk masyarakat terdampak banjir pada sejumlah kabupaten, di antaranya Katingan dan Kapuas.

"Kami telah mengirimkan bantuan untuk dua kabupaten tersebut," kata Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Palangka Raya, Jumat.

Untuk bantuan paket sembako yang saat ini dalam tahap pendistribusian kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Katingan dan Kapuas tersebut total adalah sebanyak 4.588 paket.

Bantuan tersebut didistribusikan oleh Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah, serta didukung para relawan dari organisasi kemasyarakatan dan organisasi keagamaan di wilayah setempat.

Baca juga: Kemenkumham-Pemprov Kalteng kolaborasi peningkatan pertumbuhan KI komunal

Adapun berdasarkan data dari BPBPK Kalteng, total paket bantuan yang didistribusikan sampai dengan Kamis (24/11), jumlahnya lebih dari 70.000 paket sembako.

Sugianto Sabran menjelaskan, selain bantuan paket sembako, langkah-langkah pelayanan bagi masyarakat terdampak banjir juga terus diupayakan secara maksimal oleh pemerintah provinsi bersama pemerintah kabupaten dan kota.

"Di antaranya dapur umum serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat, serta hadirnya para relawan di lokasi," jelasnya.

Selain itu dia juga meminta agar semua masyarakat terdampak banjir dapat dipastikan menerima bantuan yang didistribusikan, sehingga tidak ada yang terlewat.

"Saya minta agar seluruh bantuan tersebut disampaikan dari puntu ke pintu, atau 'door to door' kepada masyarakat terdampak bencana banjir,” tegas Gubernur Sugianto Sabran.

Gubernur berharap kepada jajarannya termasuk kabupaten dan kota agar selalu siap serta tanggap membantu masyarakat terdampak bencana, sehingga kehadiran pemerintah betul-betul dirasakan masyarakat.

"Semoga banjir segera surut, sehingga aktivitas masyarakat bisa berjalan sebagaimana mestinya,” tutup Sugianto Sabran.

Selanjutnya, distribusi bantuan juga akan diteruskan ke wilayah DAS Barito, seperti Kabupaten Murung Raya, Barito Utara, Barito Selatan, dan Barito Timur, sehingga seluruh masyarakat terdampak banjir mendapatkan bantuan paket sembako.

Baca juga: Kalteng terima penghargaan Kemenkum HAM dalam menyukseskan PEN