Pemkab Sukamara jaring atlet muda melalui Porkab

id Pemkab sukamara, wabup sukamara ahmadi, porkab II, pekan olahraga,sukamara

Pemkab Sukamara jaring atlet muda melalui Porkab

Pembukaan Porkab II Sukamara, (29/11). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Wakil Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Ahmadi mengatakan, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) II dilaksanakan untuk menjaring atlet-atlet muda berprestasi di daerah setempat.

"Tak hanya menumbuhkan atau mengembangkan prestasi atlet saja, tetapi secara lebih luas kami harap mampu membangkitkan gairah masyarakat terhadap olahraga,” kata Wakil Bupati Sukamara Ahmadi di Sukamara, Rabu.

Dia mengatakan yang terpenting dalam Porkab II ini, tercipta dan terwujud bangsa yang berkarakter, didahului dengan kedisiplinan, kejujuran dan tanggung jawab.

“Biasanya ada delapan belas karakter yang dimiliki para atlet, di antaranya adalah tiga hal tersebut. Maka sportivitas, independensi wasit dan dewan juri sangat diperlukan dalam menciptakan atlet berkarakter dan berprestasi,” ujarnya.

Baca juga: KPU Kapuas: Penetapan jumlah kursi dapil dilihat dari jumlah penduduk

Ketua KONI Sukamara, Muhammad Yamin mengatakan, pelaksanaan Porkab selain untuk penjaringan atlet, juga merupakan ajang memberikan motivasi kepada seluruh peserta didik untuk meraih prestasi di bidang olahraga.

Dia mengatakan, setiap orang tua harus menyalurkan bakat anaknya terutama yang memiliki kelebihan di bidang olahraga, namun tetap sepadan atau berimbang dengan bidang akademis.

“Ada beberapa atlet binaan KONI Sukamara yang telah berhasil meraih prestasi tingkat nasional dan internasional. Salah satunya pada cabang olahraga Tenis Meja yaitu Lucky Purkani dimana pada usia 14 tahun berhasil menjadi juara nasional di Riau dan Juara Internasional di Samarinda yang saat itu diikuti lima negara,” ujarnya.

Adapun beberapa atlet cabang olahraga panjat tebing dan lainnya juga mampu bersaing dengan atlet-atlet nasional. Sangat besar harapan pihaknya, agar semua atlet binaan KONI mampu menjadi atlet nasional.

“Oleh karena itu, kami terus berkomitmen mewujudkan program jangka panjang. Harapannya semua atlet menjadi atlet nasional dan mampu mengharumkan nama daerah dan bangsa,” tuturnya.

Baca juga: Gempa bumi landa Sinabang Aceh