Sepanjang 2022, Pemkab Kobar hibahkan 51 unit kapal nelayan

id Pemkab kotawaringin barat, bantuan hibah kapal nelayan, pesisir, pangkalan bun, kumai, kobar, kotawaringin barat

Sepanjang 2022, Pemkab Kobar hibahkan 51 unit kapal nelayan

Ilustrasi - Kapal nelayan yang sandar di pelabuhan perikanan Kumai, Kecamatan Kumai, Selasa (13/12/2022). (ANTARA/M Husein Asyari)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah melalui Dinas Perikanan sepanjang tahun 2022 ini sudah menghibahkan sebanyak 51 unit kapal untuk nelayan yang ada di lima kecamatan. 

51 unit kapal yang dihibahkan kepada nelayan tersebut bertujuan untuk peningkatan produksi perikanan di Kobar, kata Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Kobar, Manis Suharjo di Pangkalan Bun, Selasa.

"51 unit kapal tersebut kita bagikan kepada nelayan di lima kecamatan, yakni Kotawaringin Lama, Arut Selatan, Arut Utara, Kumai, dan Pangkalan Banteng," ujarnya. 

Dikatakan Manis, 51 unit kapal yang dihibahkan tersebut ada tiga tipe, yakni kapal tipe 1/2-1 GT sebanyak 35 unit, kapal tipe 2 GT sebanyak 12 unit, dan kapal tipe 5 GT sebanyak 4 unit. 

"Penyediaan hibah kapal tersebut dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022 ini," jelasnya.

Baca juga: Sebanyak tujuh kios di Pasar Indra Kencana Pangkalan Bun hangus terbakar

Selain memberikan hibah kapal, Dinas Perikanan Kobar juga memberikan bantuan lainnya berupa alat tangkap sebanyak 995 buah, tramel net 304 buah, bubu 750 buah, mesin alkon 32 unit, mesin diesel 23 PK 60 unit, dan GPS sebanyak 13 unit. 

"Kami berharap dengan adanya bantuan dari program dari Dinas Perikanan ini, bisa membantu peningkatan produksi atau hasil tangkapan bagi para nelayan," tuturnya. 

Selain itu, Manis juga berharap agar program bantuan seperti ini bisa terus berlanjut, dikarenakan potensi perikanan di Kobar cukup besar, sehingga sangat berpeluang dalam menyejahterakan masyarakat di bidang perikanan. 

"Semoga terus berlanjut, dan bisa memberikan bantuan yang lebih banyak lagi kepada nelayan, sebagai upaya pemerintah dalam menyejahterakan nelayan," harapnya. 

Baca juga: Usulan pemecahan dapil mencuat saat KPU Kobar gelar uji publik