Wabup Sukamara harapkan kemitraan eksekutif dan legislatif semakin baik

id Wabup Sukamara harapkan kemitraan eksekutif dan legislatif semakin baik, kalteng, sukamara, wabup sukamara, Ahmadi

Wabup Sukamara harapkan kemitraan eksekutif dan legislatif semakin baik

Wakil Bupati Sukamara Ahmadi Ketika menghadiri acara rapat paripurna ke 1 dalam rangka pembukaan masa persidangan II Tahun Sidang 2022/2023 di Aula DPRD Sukamara, Rabu (4/1/2023). ANTARA/Donefrid Lalang

Sukamara (ANTARA) - Wakil Bupati Sukamara Kalimantan Tengah Ahmadi berharap hubungan kemitraan antara eksekutif dan legislatif semakin baik sehingga pembangunan dapat berjalan optimal.

“Harus kita akui bahwa lembaga legislatif secara terus menerus memberi pengawasan dan dukungan kepada lembaga eksekutif, untuk mendorong percepatan pembangunan daerah,” katanya di Sukamara, Rabu.

Harapan itu disampaikannya saat menghadiri acara rapat paripurna ke 1 dalam rangka pembukaan masa persidangan II Tahun Sidang 2022/2023 di Aula DPRD Sukamara. 

Ahmadi menyampaikan bahwa tema yang akan diangkat yakni mengenai perluasan kerja sama investasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi berbasis kerakyatan, sarana prasarana infrastruktur daerah, sosial dan budaya, yang berkeadilan bagi semua masyarakat tanpa diskriminasi menuju masyarakat Sukamara yang sejahtera dan bermartabat.

“Pada kegiatan ini kita sudah mendengarkan secara seksama laporan hasil kunjungan kerja atau reses anggota DPRD Sukamara ke daerah pemilihan masing-masing. Tentunya ini sangat kita apresiasi apresiasi yang setinggi-tingginya,” ucap Ahmadi.

Terima kasih tidak lupa kepada anggota DPRD Sukamara yang telah menunjukkan komitmen yang teguh, serta upaya yang sungguh-sungguh dalam menjalankan amanah sebagai wakil rakyat.

Baca juga: Wabup Sukamara ingatkan anggota PPK bekerja sesuai regulasi pemilu

“Kegiatan reses ini merupakan sebagian dari tugas dan fungsi dewan, sebagai representasi keterwakilan masyarakat melalui daerah pemilihan. Oleh karena itu, dewan yang melaksanakan reses bertujuan untuk mendengar, merasakan, melihat dan bertatap muka langsung dengan warga masyarakat,” imbuhnya.

Hal itu guna dapat mengetahui apa yang menjadi aspirasi masyarakat dan ditindaklanjuti ke dalam penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan di Kabupaten Sukamara sesuai dengan mekanisme perencanaan dan kemampuan anggaran yang tersedia.

“Dengan adanya hasil reses anggota dewan ini, maka akan kita dipadu-serasikan dengan kebijakan-kebijakan pemerintah, serta tidak dapat dipisahkan dengan hasil musrenbang, yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, baik di tingkat desa, tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten,” jelasnya.

Selain itu, ucapan terima kasih juga disampaikan kepada anggota dewan yang saat reses telah ikut mensosialisasikan seluruh program pemerintah, menampung aspirasi masyarakat sesuai daerah pemilihan masing-masing, serta menjalin komunikasi dua arah yang baik dengan masyarakat.

Ia menerangkan, bahwa anggota dewan juga sangat proaktif menciptakan kondisi kemitraan kerja, antara kewenangan yang dimiliki eksekutif dan kewenangan yang dimiliki legislatif. Oleh karena itu, melalui kemitraan yang sinergi akan terjalin suasana yang harmonis, sehingga mudah untuk mengkoordinasikan berbagai hal, termasuk memaksimalkan potensi daerah.

“Hubungan kemitraan yang telah dibangun selama ini, hendaknya dapat lebih dipertahankan secara konsisten untuk masa-masa mendatang. Karena sangat disadari bahwa dalam pelaksanaan tugas masih terdapat beberapa hal yang belum maksimal. Sebab itu, saya mengucapkan terima kasih atas saran dan masukan yang sifatnya membangun, dalam upaya perbaikan terhadap kinerja eksekutif ke depan,” demikian Ahmadi.

Baca juga: Pemkab Sukamara berkomitmen penuhi hak-hak anak

Baca juga: Festival Budaya Gawi Barinjam bantu lestarikan budaya daerah

Baca juga: Pemkab Sukamara jaring atlet muda melalui Porkab