Polresta Palangka Raya sediakan layanan besuk daring bagi keluarga tahanan

id Polresta Palangka Raya,Sat Tahti ,Tahanan,Rutan ,Iptu Erwin Apriyadi,COVID-19 ,Mapolresta ,Polresta Palangka Raya sediakan layanan besuk daring bagi k

Polresta Palangka Raya sediakan layanan besuk daring bagi keluarga tahanan

Anggota Satuan Samapta Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah menjaga proses besuk secara daring yang dilakukan oleh para tahanan di Rutan Mapolresta setempat, Kamis (5/1/2023). ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Perawatan Tahanan dan Barang Bukti Polresta Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyediakan layanan besuk dalam jaringan (daring) bagi keluarga para tahanan.

Dalam kegiatan besuk secara  online yang dilaksanakan di Mapolresta setempat itu, diawasi secara langsung oleh Kasat Tahti Polresta Palangka Raya Iptu Erwin Apriyadi, Kamis, agar para tahanan dapat tertib dalam memanfaatkan hal tersebut.

"Layanan besuk secara daring atau online ini masih terus kami terapkan hingga saat ini, dengan diprioritaskan bagi pihak keluarga dari tahanan yang berdomisili di luar Kota Palangka Raya, sehingga mereka dapat membesuk tanpa harus mengeluarkan biaya perjalanan antar wilayah," kata Kasat Tahti tersebut.

Ia menuturkan, layanan besuk daring pun berjalan dengan turut dikawal oleh para personel Satuan Samapta Polresta setempat yang bertugas piket pada hari itu, guna memastikan kondisi keamanan dan ketertiban serta mencegah terjadinya gangguan maupun kerawanan.

Sebanyak 16 orang tahanan yang berada di Rutan Polresta Palangka Raya terdaftar untuk dapat melakukan besuk secara daring, dengan menggunakan fasilitas video call smartphone yang telah disediakan.

"Semua fasilitas kami sediakan. Kemudian untuk jatah per orangnya masing-masing hanya diberi waktu 10 menit, maka dari itu kami menyarankan harus memanfaatkan hal sebaik mungkin," jelas Erwin.

Perwira Polri berpangkat balok dua itu pun mengungkapkan, bahwa layanan tersebut dipertimbangkan penerapannya guna mengefisienkan  dan pengoptimalan pelayanan besuk tahanan pada kesatuannya.

Layanan tersebut akan sangat membantu tugas anggota dalam menjaga tahanan, sebab pelaksanaannya lebih efisien dan optimal, sehingga anggota pun dapat lebih maksimal untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban pada ruang tahanan.

"Selain itu juga untuk memperkecil risiko penularan COVID-19, tercapainya pelayanan prima serta memberi kesempatan bagi para tahanan untuk dapat berjumpa walau secara daring bersama keluarga, sebagaimana tekad kami menjunjung Hak Asasi Manusia," ungkapnya.

Erwin berharap, dengan adanya fasilitas tersebut dapat membantu dan mengoptimalkan tugas jaga ruang tahanan markas komando (Mako) yang dilakukan oleh para personel serta meminimalkan potensi penyebaran COVID-19 di area internal Polresta Palangka Raya.

"Semoga fasilitas ini dapat membantu rekan-rekan yang bertugas agar dapat lebih fokus untuk menjaga keamanan ruang tahanan khususnya ketika jam besuk, serta mencegah adanya risiko penularan virus corona di lingkungan Mapolresta Palangka Raya," tegas Erwin Apriyadi.