Ini tips pilih parfum yang cocok untuk digunakan sesuai dengan jenis acara

id parfum ,pewangi,parfume

Ini tips pilih parfum yang cocok untuk digunakan sesuai dengan jenis acara

Ilustrasi parfum. (ANTARA/Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Parfum dapat digunakan sebagai bentuk ekspresi diri yang mencerminkan sifat dan karakter seseorang. Selain itu, parfum juga memiliki manfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan membantu meninggalkan kesan ke manapun seseorang pergi.

Dalam menyambut tahun yang baru, tidak lengkap jika Anda hanya mempertimbangkan penampilan gaya berpakaian dan makeup saja. Anda mungkin membutuhkan parfum sebagai sentuhan pelengkap yang membuat penampilan semakin percaya diri. Mengingat hal itu, Anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis parfum yang cocok sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan acuan membantu Anda menemukan aroma yang cocok sesuai dengan aktivitas yang tengah dijalani, mengutip keterangan pers Shopee yang diterima di Jakarta, Kamis.

Parfum citrus buat Anda yang ingin tetap fresh beraktivitas seharian

Untuk beraktivitas sehari-hari seperti sekolah atau bekerja, sebaiknya Anda memilih parfum dengan aroma yang menyegarkan seperti citrus untuk meningkatkan energi dan mood serta memberikan nuansa yang ceria.

Jika ingin menambah kesan feminin, Anda juga bisa menggunakan parfum citrus yang dikombinasikan dengan notes floral yang ringan.

Jika Anda membutuhkan parfum yang tahan lama ditambah dengan mobilitas yang tinggi, Anda juga dapat memilih parfum dengan jenis EDT dengan tingkat 5-15 persen.

Baca juga: Kahf merilis produk baru 'Oud Universe Collection Eau de Parfum'

Ingin ciptakan kesan yang romantis? Gunakan parfum gourmand untuk date night

Untuk meninggalkan kesan yang feminin, manis, dan memorable, Anda bisa menggunakan parfum dengan wangi gourmand, yaitu wangi yang berasal dari makanan seperti vanilla, caramel, cokelat, dan sebagainya.

Tidak hanya aromanya yang memikat dan lezat bak makanan penutup, parfum gourmand juga cenderung memiliki sillage, projection, dan longevity (SPL) yang lebih kuat.

Dengan begitu wangi yang menguar pun akan lebih tahan lama, dapat tercium dari jarak jauh, dan masih meninggalkan jejak bahkan setelah kamu telah meninggalkan ruangan.

Tampil semakin memukau di acara formal dengan wangi floral dan woody yang elegan

Ketika menghadiri acara formal dan resmi, tentunya Anda ingin memberikan impresi terbaik dengan menciptakan persona yang elegan dan anggun. Untuk itu, Anda bisa memilih parfum dengan notes floral yang klasik seperti lily of the valley, jasmine, dan rose.

Jika merasa wangi floral terlalu biasa, Anda juga bisa bereksperimen menggunakan teknik layering atau menggabungkan dua parfum berbeda untuk menciptakan wangi yang baru, guna membuat signature scent yang khas dan tidak pasaran.

Tidak ada aturan tetap dalam layering parfum. Namun sebaiknya Anda mencampur dua parfum dengan wangi berbeda seperti floral dan woody untuk mendapatkan aroma yang benar-benar baru dan unik.

Baca juga: Ini rahasia parfum bisa bertahan seharian

Baca juga: Meracik parfum sendiri lewat 'Mine'

Baca juga: Begini cara agar wangi parfum awet di badan