Pemkab Katingan siap berkolaborasi bersama UMPR dalam peningkatan SDM

id Pemkab katingan, wabup katingan sunardi nt litang, wakil ketua dprd katingan nanang suriansyah, umpr, universitas muhammadiyah palangkaraya, kalteng

Pemkab Katingan siap berkolaborasi bersama UMPR dalam peningkatan SDM

Wakil Bupati Katingan, Sunardi NT. Litang (kiri) dan Wakil Ketua I DPRD Katingan Nanang Suriansyah menghadiri pelantikan Rektor UMPR periode 2023-2027 di Palangka Raya, Selasa (17/1/2023).  (ANTARA/Fernando Rajagukguk)

Kasongan (ANTARA) - Wakil Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sunardi NT. Litang optimistis Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) akan semakin maju di bawah kepemimpinan rektor baru Muhammad Yusuf.

"Saya ucapkan selamat atas pelantikan Muhammad Yusuf sebagai Rektor UMPR yang baru. Saya optimis di bawah kepemimpinan beliau, UMPR menjadi lebih maju lagi," kata Sunardi di Palangka Raya, Selasa.

Dia menyebutkan salah satu tantangan terbesar bagi rektor baru adalah kemampuan menambah tenaga pendidik atau dosen bergelar doktor dan guru besar selama masa baktinya. Saat ini UMPR baru memiliki 39 tenaga dosen bergelar doktor dari total 170-an dosen yang ada.

"Artinya percepatan peningkatan jumlah dosen bergelar doktor dan guru besar menjadi salah satu tantangan Muhammad Yusuf. Saya percaya dengan tekad dan kemauan yang kuat, Insha Allah semuanya akan tercapai," ucapnya.

Baca juga: Karang Taruna Katingan diminta optimalkan peran generasi muda

Dia mengatakan, sangat mendorong terjalinnya kerja sama peningkatan sumber daya manusia antara Pemerintah Kabupaten Katingan dengan UMPR atau kampus II UMPR di Kota Kasongan.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri pelantikan Muhammad Yusuf sebagai Rektor UMPR periode 2023-2027. Prosesi pelantikan dipimpin Wakil Ketua Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah Noor Rochman Hadjam.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan Nanang Suriansyah mengatakan, jajaran DPRD Katingan menyambut baik pelantikan Rektor UMPR yang baru dan siap menjalin kolaborasi. Dia pun yakin UMPR akan berkembang lebih baik lagi ke depannya.

"DPRD ini kan lembaga legislatif dan merupakan wakil rakyat, kami terbuka apabila ada keinginan pihak UMPR (kampus II UMPR Kasongan) untuk mengembangkan atau menjalin kerja sama dalam bidang pendidikan," kata Nanang.

Sebelumnya Rektor UMPR yang baru Muhammad Yusuf menyampaikan akan menjalankan program kerja yang berorientasi pada peningkatan kualitas layanan pendidikan baik di dalam dan di luar kampus sesuai program “Kampus Merdeka”. Hal tersebut untuk menciptakan alumnus yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

"Kami juga akan meningkatkan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak di antaranya dengan pemerintah daerah maupun swasta," kata Muhammad Yusuf.

Baca juga: Bupati Katingan harapkan sinergi bersama Polres semakin meningkat

Pewarta :
Editor : Muhammad Arif Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2023