Kerja keras Ginting saat lawan Li Shi Feng di India Open 2023

id Ginting ,India Open 2023,Kalteng,Kerja keras Ginting saat lawan Li Shi Feng

Kerja keras Ginting saat lawan Li Shi Feng di India Open 2023

Arsip foto - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memukul kok ke arah lawannya Lu Guang Zu asal China pada ajang BWF World Tour Super 750 berlangsung di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, India Rabu (18/1/2023), Ginting menang atas Lu Guang Zu. ANTARA/HO-PBSI/pri. (ANTARA/HO-PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Anthony Sinisuka Ginting mengaku senang bisa melewati babak perempat final India Open yang membuatnya harus bekerja keras menghadapi pebulu tangkis China, Li Shi Feng, Jumat.

"Saya gembira dengan kemenangan ini meski harus bertarung tiga gim. Saya berusaha keras untuk mengalahkan Li," ujar Ginting lewat keterangan resmi PP PBSI di Jakarta.

Pebulu tangkis peringkat ketiga dunia itu menang rubber game 21-11, 17-21, 21-18 dalam durasi 65 menit di New Delhi. Hasil tersebut memastikan langkahnya terus melaju ke babak semifinal turnamen berkategori BWF Super 750 tersebut.

Baca juga: Ginting ke semifinal India Open 2023 usai singkirkan Li Shi Feng

Usai melalui pertandingan yang berjalan sengit, Ginting bersyukur tak mengalami cedera dan bisa menerapkan pola permainan seperti yang ia harapkan sejak awal.

Ginting begitu dominan pada gim pertama lewat kemampuannya mengendalikan ritme permainan. Teknik neting yang divariasikan dengan serangan kerap menghasilkan poin bagi wakil Indonesia itu.

Sayangnya Ginting melakukan banyak kesalahan pada gim kedua. Berkali-kali permainan netnya tidak menyeberang ke bidang permainan lawan dan strateginya terlalu monoton.

Baca juga: Empat wakil timnas bulu tangkis Indonesia bersaing ketat di perempat final India Open

"Gim kedua permainan saya mungkin terlalu monoton. Lawan rupanya sudah belajar dari kekalahan gim pertama dengan mengubah strategi. Sayangnya saya masih tetap dengan pola permainan yang sama," tutur Ginting.

Peningkatan kembali terjadi pada gim ketiga. Ginting yang semula masih kerap eror, mampu mengoreksi permainannya dan mengemas keunggulan atas Li pada interval akhir gim ketiga.

Serangan Ginting makin tajam dan membawanya untuk memimpin 16-11. Keunggulan itu mampu dipertahankan sampai pertandingan usai meski Li sempat memberikan perlawanan.

Baca juga: Ginting singkirkan Lu Guang Zu di India Open

"Gim ketiga saya kembali terapkan strategi seperti gim pertama. Saya bisa lebih tenang. Variasi serangan juga lebih banyak. Lebih fokus dan tetap menyerang. Juga mengurangi kesalahan sendiri saja," ujar Ginting.

Selama bertarung, Ginting juga mendapat tambahan semangat dari penonton yang terus mendukungnya. Atlet asal Cimahi, Jawa Barat itu merasa bagai bermain di turnamen kandang yang dipenuhi pendukung dari Tanah Air.

"Saya seperti main di kandang sendiri dengan dukungan penonton di sini. Saya sangat senang melihat dukungan penonton. Saya merasa senang di India," tuturnya.

Dengan kemenangan itu, Ginting merebut tiket ke semifinal namun masih menanti calon lawan antara Loh Kean Yew (Singapura) dan Kunlavut Vitidsarn (Thailand).

Baca juga: Ginting satu-satunya tunggal putra menuju perempat final Malaysia Open 2023

Baca juga: Ginting susah payah kalahkan pemain Hongkong di Malaysia Open 2023

Baca juga: Ginting tetap bersyukur walau hanya runner-up di World Tour Finals 2022