Batamad diharapkan mampu mempertahankan adat budaya

id Batamad diharapkan mampu mempertahankan adat budaya, kalteng, bartim, Barito timur

Batamad diharapkan mampu mempertahankan adat budaya

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (kelima kiri) didampingi Wabup Habib Saleh dan jajara FKPD foto bersama dengan Panglima Batamad Kalteng Yuandrias dan ketua Batamad Bartim Hardy C Agoeh dan jajaran di acara Pamanalu Pangasungu di Tamiang Layang, Rabu (25/1/2023) malam. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas mengharapkan Barisan Pertahanan Adat Dayak (Batamad) mampu mempertahankan adat budaya warisan leluhur.

“Adat budaya yang bertujuan baik dan positif sehingga bisa bersinergi dengan pemerintah daerah dan lembaga lainnya,” kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, Batamad merupakan organisasi yang memiliki dasar hukum dan tujuan yang baik dan positif, khususnya dalam mempertahankan adat Dayak Kalteng.

Dipaparkan Ampera, pihaknya juga menyambut baik kunjungan Panglima Batamad Kalteng Yuandrias beserta rombongan pada Rabu (25/1) malam. Dalam kunjungan itu juga diisi dengan sosialisasi pemahaman dalam memahami adat yang bertujuan baik dengan kegiatan-kegiatan positif.

Panglima Batamad Kalteng, Yuandrias mengatakan, dalam sosialisasi juga disampaikan tugas pokok lembaga adat sesuai anggaran dasar Batamad. Diberitahukan agar lembaga adat ini benar-benar terstruktur, tersistem dan juga tersebar serta dimengerti semua utus Dayak.

“Batamad yang menjadi lembaga adat Dayak bertujuan menciptakan kehidupan yang baik di masyarakat Kalteng,” kata Yuandrias.

Baca juga: Pemkab Bartim evaluasi kinerja 1.122 tenaga honorer

Dia juga mengharapkan Batamad menjadi sebuah wadah bagi semua orang Dayak di Kalteng. Batamad sebuah struktur lembaga adat yang mengatur kehidupan bermasyarakat, sehingga harapannya orang yang hidup di Kalteng bisa merasakan aman, nyaman, damai dan sejahtera.

Ketua Batamad Barito Timur, Hardy C Agoeh mengatakan, Batamad Barito Timur setiap saat siap jika diperlukan jajaran pemerintah daerah dalam segala lini dan berkaitan permasalahan yang berkaitan dengan adat atau hukum adat.

“Dalam kelembagaan adat itu ada tiga yakni Dewan Adat Dayak, Kedamangan dan Batamad. Maka ini perlu disampaikan agar dapat dipahami,” kata Hardy.

Panglima Batamad Kalteng Yuandrias dan rombongan disambut hangat Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas acara Pamanalu Pangasungu atau disebut Temu Kangen.

Dalam acara itu, Bupati Barito Timur AMpera AY Mebas mendapatkan penghargaan berupa pemasangan baret merah dari Panglima Batamad Kalteng. Pemasangan baret merah disaksikan para FKPD, Damang dan para tokoh masyarakat serta para tamu undangan yang hadir.

Baca juga: Bupati Bartim ajak petani tingkatkan budi daya tanaman pangan

Baca juga: Bartim dapat bantuan 20 BTS dari Bakti Kominfo

Baca juga: Pemkab Bartim siapkan skema pilkades serentak