RTH Taman Kamboja Kalsel layak diadopsi di Kalteng

id Komisi III DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD kalteng, kalteng, Kalimantan Tengah, perpustakaan, perpustakaan di taman

RTH Taman Kamboja Kalsel layak diadopsi di Kalteng

Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah (kiri) foto bersama dengan pengelola Perpustakaan RTH Kamboja di Kota Banjarmasin, baru-baru ini. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalimantan Tengah yang membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Pariwisata menilai, pelayanan ruang baca di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kamboja di Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, layak diadopsi dan diterapkan di provinsi setempat.

RTH Taman Kamboja turut dimanfaatkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kota Banjarmasin untuk meningkatkan pelayanan dalam mendorong dan meningkatkan minat baca masyarakat, kata Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah di Palangka Raya, kemarin.

"Di Kalteng, terkhusus di Palangka Raya, kan banyak RTH. Itu harus bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah di Kalteng melalui dinas terkait dalam meningkatkan minat baca masyarakat," ucapnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu mengakui bahwa pelayanan dan program yang dilaksanakan perpustakaan milik pemerintah provinsi, sekarang ini sudah relatif lebih baik dibandingkan sebelumnya. Hanya, bila melihat apa yang telah dan sedang dilakukan oleh Dispersip Kota Banjarmasin, tetap masih perlu ada upaya pengoptimalan.

Nafsiah mengatakan bahwa pihaknya di Komisi III DPRD Kalteng baru-baru ini ada berkunjung dan melakukan pertemuan dengan Dispersip Kota Banjarmasin. Dari pertemuan itu, ada banyak informasi menarik terkait upaya mendorong sekaligus meningkatkan minat baca masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan RTH.

"Membaca buku di RTH memang lebih asik dibandingkan dalam ruangan. Jadi, apa yang dilakukan oleh Dispersip Kota Banjarmasin perlu diadopsi di provinsi ini," kata dia.

Baca juga: Banyak desa di Kalteng berkeinginan mewujudkan kemandirian pangan

Srikandi Partai Golongan Karya (Golkar) itu pun memastikan bahwa dirinya bersama pimpinan dan anggota Komisi III DPRD Kalteng lainnya, akan mendiskusikan berbagai informasi yang diterima dari Dispersip Kota Banjarmasin kepada Pemprov Kalteng.

"Pada saatnya nanti hasil kunker, akan kami diskusi dengan mitra kerja terkait. Tentunya itu kami lakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di Kalteng," demikian Siti Nafsiah.

Adapun kunker ke Dispersip Kota Banjarmasin turut dihadiri Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi dan sejumlah anggota Achmad Amur, Evi Kahayanti, Andayani, dan lainnya.

Baca juga: Pansus DPRD Kalteng: Empat poin perlu diperhatikan terkait Raperda RTRWP

Baca juga: Legislator Kalteng usul BUMDes dan Kopdes salurkan gas bersubsidi

Baca juga: Banyak masyarakat usul ada bantuan modal usaha, kata Legislator Kalteng