Peningkatan perekonomian masyarakat jadi fokus pembangunan Bartim pada 2024

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas, Barito Timur, bartim, kalteng, fokus pembangunan di bartim

Peningkatan perekonomian masyarakat jadi fokus pembangunan Bartim pada 2024

Bupati Bartim Ampera AY Mebas (tengah) memberikan arahan dan sambutan di acara Musrenbang Kabupaten Barito Timur 2023 di Tamiang Layang, Kamis (16/3/2023). ANTARA/HO-Diskominfosantik Bartim.

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menegaskan bahwa arah pembangunan pada tahun 2024, akan difokuskan pada peningkatan perekonomian masyarakat.

Peningkatan ekonomi masyarakat itu akan diutamakan lagi pada sektor infrastruktur dan pemulihan ekonomi pasca COVID-19, kata Ampera usai membuka acara Musrenbang Kabupaten Barito Timur 2023 di Tamiang Layang, Kamis.

"Pengembangan ekonomi daerah akan dioptimalkan melalui sumber daya lokal disertai peningkatan kualitas jaringan infrastruktur dan sumber daya manusia yang handal," ucapnya.

Selain itu, lanjut dia, pembangunan daerah akan dititikberatkan pada pengelolaan secara swadaya sumber daya ekonomi melalui pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, kerajinan dan lainnya. Untuk itu, pembahasan secara terperinci akan dilakukan pada pokok sidang pleno paparan program prioritas pembangunan masing-masing OPD dan diskusi tanya jawab sehingga tersusun Rancangan Akhir RKPD Barito Timur 2024 yang sesuai dengan aspirasi masyarakat dan daerah.

"Ini dilaksanakan untuk pengembangan daerah dan kesejahteraan masyarakat Barito Timur," kata pria yang meraih gelar doktor di bidang ekonomi itu..

Ampera pun menyebut bahwa Musrenbang tingkat kabupaten yang dilaksanakan merupakan tidak lanjut dari berbagai macam usulan masyarakat yang diusulkan saat Musrenbang tingkat desa dan Musrenbang tingkat kecamatan.

Baca juga: Pemkab Bartim diminta kendalikan inflasi menjelang Ramadhan

"Terkait dengan hasil musrenbang Kabupaten Barito Timur 2023, kita juga akan mengikuti dan mengusulkan pembangunan pada Musrenbang tingkat Provinsi Kalteng, Regional Kalimantan dan Musrenbang Nasional nanti," kata dia.

Wacana usulan yang disampaikan ke Pemprov Kalteng diantaranya berkaitan infrastruktur jalan provinsi, Jembatan Hayaping seperti yang dijanjikan Pemprov Kalteng Kalteng, dan Bendungan Karau. Usulan lainnya akan disampaikan sesuai dengan tingkat kewenangannya.

Baca juga: Bupati Bartim minta perangkat daerah sediakan data yang diminta BPK RI

Baca juga: Warga Bartim diminta bayar PBB P2 tepat waktu

Baca juga: Padi masa tanam Okmar mulai panen di Bartim