BKPSDM Seruyan sebut tidak ada rekrutmen CPNS 2023

id BKPSDM Seruyan sebut tidak ada rekrutmen CPNS 2023, kalteng, seruyan, cpns seruyan

BKPSDM Seruyan sebut tidak ada rekrutmen CPNS 2023

Kepala BKPSDM Seruyan Akhmad Hidayat (pojok kanan) bersama Wakil Bupati Seruyan Iswanti (dua dari kiri) dan Sekda Seruyan Djainuddin Noor (dua dari kanan) saat menghadiri penyerahan SK CPNS menjadi PNS di Kuala Pembuang, Jumat (17/3/2023). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Akhmad Hidayat mengatakan, pada tahun anggaran 2023 ini tidak dibuka formasi untuk seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

“Berdasarkan informasi yang kita dapat untuk di 2023 ini tidak ada seleksi CPNS, namun hanya membuka penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK),“ kata Hidayat di Kuala Pembuang, Minggu.

Dia mengatakan,  berdasarkan informasi yang diterima dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Reformasi Birokrasi (RB) Republik Indonesia (RI), pemerintah tahun ini hanya membuka penerimaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Menurutnya, walaupun tidak ada seleksi CPNS namun dengan adanya seleksi PPPK ini dapat membantu mengatasi kekurangan pegawai di Seruyan khususnya bagi tenaga pendidikan dan kesehatan karena masih sangat kurang.

“Kita harap dengan adanya PPPK tersebut dapat memenuhi tenaga kesehatan dan pendidik di Seruyan, karena memang untuk hal tersebut kita masih kekurangan,” jelasnya.

Baca juga: Pemkab Seruyan gelar konsultasi publik serap aspirasi masyarakat

Sementara itu, terkait jumlah formasi PPPK yang akan diberikan kepada Kabupaten Seruyan untuk tahun 2023 ini belum diketahui. Saat ini pihaknya diinstruksikan untuk melakukan penginputan  data jumlah kebutuhan pegawai di Seruyan untuk kemudian diusulkan kepada Kemenpan RB.

“Kalau jumlah kuota kita belum tahu, kita hanya diminta untuk mengusulkan. Kita diminta untuk menginput sebanyak-banyaknya dari seluruh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang ada, kalau untuk jumlah belum kita rapatkan, biasanya jadwal penerimaan sekitar Juni,” katanya.

Dia menambahkan, pihaknya terus berupaya sehingga formasi yang diberikan pemerintah pusat bisa maksimal sesuai dengan apa yang pihaknya usulkan nanti, sehingga dapat mengurangi kekosongan pegawai di Seruyan.

“Kita harap usulan kita nanti bisa maksimal, sehingga dengan begitu program tersebut dapat mengatasi kekurangan tenaga kesehatan dan guru di daerah-daerah pelosok Seruyan,” demikian Hidayat.

Baca juga: Berikut penjelasan Dikoperindag Seruyan tentang Pasar Ramadhan 2023

Baca juga: DPMPTSP Seruyan gencar sosialisasikan penerbitan NIB dan IMB di kecamatan

Baca juga: Polres Seruyan-BPJS Ketenagakerjaan bersinergi tingkatkan kesejahteraan pekerja melalui Jaminan Sosial