DPMPTSP Seruyan gencar sosialisasikan penerbitan NIB dan IMB di kecamatan

id Pemkab seruyan, dpmptsp seruyan, kepala dpmptsp seruyan, agung setiawan, imb, nib, kuala pembuang, seruyan

DPMPTSP Seruyan gencar sosialisasikan penerbitan NIB dan IMB di kecamatan

Kepala DPMPTSP Kabupaten Seruyan Agung Setiawan. (ANTARA/HO-Prokom Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus meningkatkan sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) terkait penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pemrosesan Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

“Untuk meningkatkan penerbitan NIB dan pemrosesan IMB kita tingkatkan melalui sosialisasi dan bimtek kepada pemerintah kecamatan,” kata Kepala DPMPTSP Seruyan Agung Setiawan di Kuala Pembuang, Sabtu.

Dia mengatakan, sosialisasi dan bimtek tersebut diberikan kepada petugas pelayanan di kecamatan, desa atau kelurahan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam penerbitan NIB dan IMB.

Lanjut dia untuk diketahui, sosialisasi dan bimtek yang telah terlaksana di Kecamatan Seruyan Raya beberapa waktu lalu. Upaya ini sebagai salah satu kebijakan dalam rangka percepatan perizinan berusaha secara elektronik melalui Online Single Submission (OSS).

“Agenda tersebut bertujuan memberikan kemudahan pelaku usaha dalam mendapatkan perizinan berusaha di daerah yang dirasa sulit dijangkau oleh DPMPTSP,” terangnya.

Baca juga: Disdik Seruyan berupaya optimalkan PPPK penuhi kebutuhan di daerah

Maka dari itulah, pihaknya menggandeng kecamatan, desa atau kelurahan untuk membantu memberikan pelayanan. Diharapkan juga pelaku usaha di Seruyan bisa mendapatkan pelayanan perizinan dengan lebih mudah dan cepat.

 “Karena mereka yang paling dekat, sehingga pelaku usaha bisa mendapatkan pelayanan dengan lebih cepat dan efisien. Ini juga dimaksudkan untuk memberikan tren positif terhadap perekonomian masyarakat di Seruyan,” harapnya.

Dia menambahkan, dalam kegiatan sosialisasi yang pihaknya lakukan juga memberikan suvenir produk lokal berupa tas anyaman sintetis dan camilan stik yang terbuat dari daun kelor serta akar pinang dari bunga telawang yang diproduksi oleh Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Bangkal.

“Hal tersebut dilakukan untuk membantu usaha mikro kecil menengah di wilayah setempat supaya lebih dikenal masyarakat luas dan dapat meningkatkan perekonomian,” tutupnya.

Baca juga: Dinkes Seruyan usulkan peningkatan pembangunan pustu di jalur sungai