Legislator Seruyan minta instalasi air bersih di Puskesmas Danau Sembuluh diperbaiki

id Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Hadinur, DPRD seruyan, seruyan, Kabupaten Seruyan, kalteng

Legislator Seruyan minta instalasi air bersih di Puskesmas Danau Sembuluh diperbaiki

Anggota DPRD Seruyan Hadinur di Kuala Pembuang. ANTARA/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Hadinur mengatakan bahwa instalasi saluran air yang ada di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Danau Sembuluh saat ini rusak dan tidak bisa digunakan.

"Saat kita melaksanakan kunjungan kerja dan reses di Puskesmas Danau Sembuluh mereka mengusulkan untuk perbaikan instalasi air bersih yang memang sudah tidak bisa digunakan lagi," kata Hadinur di Kuala Pembuang, Rabu.

Legislator Seruyan itu pun meminta kepada pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Kesehatan (Dinkes) bisa merealisasikan hal tersebut, karena memang hal tersebut sangat berpengaruh dalam kualitas kesehatan di wilayah setempat dan dapat meningkatkan pelayanan kesehatan.

"Jadi, kami minta Dinkes bisa merealisasikan hal tersebut karena ini merupakan hal yang penting untuk menunjang peningkatan pelayanan kesehatan di wilayah setempat," ungkapnya.

Lanjut dia menyarankan, ada beberapa solusi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan membuatkan sumur bor. Hal ini dimaksudkan agar akses ketersediaan air bersih bagi Puskesmas tersebut tetap lancar.

"Untuk mengatasi hal tersebut bisa dibuatkan dengan sumur bor hal ini kita rasa sangat tepat agar instalasi air bersih di Puskesmas Danau Sembuluh itu bisa kembali beroperasi," jelasnya.

Baca juga: Program pendukung pengembangan sektor usaha menjadi fokus DPRD Seruyan

Karena biar bagaimanapun, ketersediaan air bersih sangat penting untuk mendukung kegiatan atau aktivitas yang ada di Puskesmas tersebut. Terlebih, air bersih sendiri merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat.

"Kita berharap dinas terkait bisa menindaklanjuti apa yang menjadi aspirasi dari Puskesmas tersebut,  salah satunya ketersediaan air bersih," harapnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu menambahkan selain instalasi air bersih usulan yang disampaikan juga perbaikan  bangunan, ketersediaan tenaga dokter, mobil ambulans dan sarana penunjang lainnya, karena memang hal tersebut perlu dilakukan  pembenahan agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan maksimal.

Baca juga: Legislator Seruyan minta jaminan ketersediaan obat di puskesmas

Baca juga: DPRD sebut sentra IKM Seruyan perlu dukungan dana

Baca juga: Dinkes Seruyan kumpulkan tenaga farmasi puskesmas cegah obat kedaluwarsa

Baca juga: Dinkes Seruyan diminta perhatikan kedaluwarsa obat saat pengadaan untuk Puskesmas