DKPPP Barsel laksanakan bazar pangan murah di lima kecamatan

id Pemkab barito selatan, dkppp barsel, bazar pangan murah, ida safitri, inflasi, pengendalian harga, buntok, barsel, barito selatan

DKPPP Barsel laksanakan bazar pangan murah di lima kecamatan

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Ida Safitri. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan akan melaksanakan kegiatan bazar pangan murah di lima kecamatan di wilayah setempat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, Ida Safitri di Buntok, Kamis, mengatakan bazar pangan tersebut akan dilaksanakan pada enam titik tersebar di lima kecamatan.

"Kegiatan bazar pangan murah tersebut dilaksanakan dalam upaya menekan angka inflasi," katanya.

Ida menerangkan, dalam kegiatan bazar pangan itu, sejumlah komoditas pangan yang akan dijual nantinya jauh di bawah harga pasaran.

Dikatakannya, kegiatan bazar pangan ini merupakan upaya dari pihaknya untuk ikut andil dalam menstabilkan harga sejumlah komoditas pangan yang ada di pasaran. Bazar pangan dilaksanakan pihaknya sejak 2022 lalu dan tetap dilanjutkan 2023 ini.

Baca juga: Pemprov Kalteng sediakan 1.000 paket sembako murah untuk masyarakat Barsel

Bazar pangan ini nantinya, akan dilaksanakan di Kecamatan Dusun Selatan, Dusun Utara, Gunung Bintang Awai, Karau Kuala dan Dusun Hilir.

"Untuk di Kecamatan Dusun Selatan, kegiatan bazar pangannya direncanakan dilaksanakan pada dua lokasi," ucap Ida Safitri.

Sedangkan pada empat kecamatan lainnya kata dia, bazar pangannya dilaksanakan pada satu titik lokasi di setiap kecamatan.

Ia menyampaikan, untuk di Kecamatan Jenamas, bazar pangannya memang tidak dilaksanakan, dan hal itu mengingat jarak tempuhnya dari Kota Buntok menuju ke kecamatan tersebut jauh.

Di samping itu juga, harga sejumlah komoditas di pasaran pada kecamatan ini, lebih murah, sebab komoditas pangannya disuplai dari kabupaten tetangga yang berada di Provinsi Kalimantan Selatan yang jaraknya lebih dekat dengan Kecamatan Jenamas.

Baca juga: Kementan puji petani Barsel sukses tanam cabai