Pemkab Barsel paparkan capaian program tahun anggaran 2022

id Pemkab Barselpaparkan capaian program tahun anggaran 2022, kalteng, barsel, Barito Selatan

Pemkab Barsel paparkan capaian program tahun anggaran 2022

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana menyerahkan LKPj kepada Wakil Ketua DPRD, Nyimas Artika pada rapat paripurna, di Buntok, Senin (27/3/2023). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana mengatakan, ada lima realisasi pencapaian kinerja pemerintah daerah setempat pada tahun anggaran 2022.

"Lima realisasi pencapaian tersebut pada bidang pendidikan, ketahanan pangan, kesehatan, infrastruktur, kependudukan," katanya saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) bupati dalam rapat paripurna DPRD Barito Selatan di Buntok, Senin.

Ia menjelaskan, untuk program pendidikan terkait dengan kurikulum muatan lokal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non formal dengan pencapaian kinerja 100 persen atau sangat baik. Begitu juga dengan kinerja dalam pengelolaan pendidikannya tercapai sebesar 94,88 persen.

Pada bidang ketahanan pangan kata Lisda, sudah terlaksananya pendataan alat dan mesin pertanian serta tersedianya data petani penerima pupuk bersubsidi tersebut sebesar 100 persen.

"Untuk penyaluran pupuk bersubsidi kepada penerima yang telah diverifikasi dan divalidasi juga sudah tercapai 100 persen," jelasnya.

Sedangkan di bidang kesehatan, pencapaian kinerja dengan indikator persentase ibu bersalin yang mendapat pelayanan di fasilitas kesehatan sebesar 67 persen dari target 100 persen.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Barsel nilai banyak kemajuan selama kepemimpinan penjabat bupati

"Jumlah balita yang mendapatkan layanan kesehatan sesuai standar baru mencapai 49,89 persen. Pelayanan kesehatan sesuai standar bagi penderita TBC sudah tercapai 100 persen," terang Lisda.

Untuk bidang infrastruktur, kualitas jalan kabupaten kondisinya sudah meningkat dengan persentase sebesar 34, 67 persen dan capaian rumah tinggal bersanitasi 64,73 persen. 

"Persentase penduduk yang memiliki akses air minum dengan capaian 50,35 persen serta meningkatnya cakupan layanan persampahan dengan tersedianya sarana prasarana yang dibangun sebesar 60 persen," tambah Lisda Arriyana.

Untuk pencapaian kinerja pada bidang kependudukan dengan indikator rasio penduduk ber KTP per satuan penduduk sudah mencapai 99,09 persen dari target 100 persen.

Demikian halnya kata dia, dengan persentase cakupan penerbitan KTP elektronik sudah tercapai 99,69 persen dan untuk penerbitan Kartu Keluarga (KK) sudah tercapai 100 persen.

Selain lima bidang tersebut, pencapaian lainnya juga dalam bidang perbantuan dari pusat maupun dari pemerintah provinsi yang dilaksanakan Barito Selatan.

Baca juga: DPRD Barsel harapkan masyarakat memanfaatkan kegiatan pasar penyeimbang

Baca juga: Pemkab Barsel gelar pasar Ramadhan dan pasar penyeimbang

Baca juga: Ratusan petugas kebersihan di Barsel dapat bantuan sembako jelang Ramadhan