Bimbing siswa baca tulis Alquran, UMPR laksanakan GMR mengaji

id umpr,aik,gmr mengaji,palangka raya

Bimbing siswa baca tulis Alquran, UMPR laksanakan GMR mengaji

UMPR laksanakan GMR mengaji bimbing siswa baca tulis alquran dua SMA di Palangka Raya. ANTARA/HO-UMPR

Palangka Raya (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) melaksanakan Gerakan Mahasiswa Relawan (GMR) mengaji yang melakukan Bimbingan Baca Tulis dan Hafal Alquran (BBTHA) saat Ramadhan 1444 Hijriah.

"Melalui GMR mengaji ini, kami menerjunkan 25 mahasiswa melakukan bimbingan baca tulis dan hafal Alquran," kata Koordinator Tim Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK), UMPR Dr Norcahyono di Palangka Raya, Senin.

Sasaran program Gerakan Mahasiswa Relawan Mengaji ini adalah siswa-siswi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Palangka Raya dan SMA Negeri 5 Palangka Raya. Dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan gema Ramadhan dan menggelorakan syiar Islam di bulan yang mulia.

"GMR merupakan program unggulan Rektor baru UMPR Dr HM Yusuf. Terkhusus GMR Mengaji, ini adalah program selama Ramadhan," kata Nurcahyono.

Dia menerangkan, bimbingan dilaksanakan secara terprogram, terbimbing, dan terarah secara berkelompok, di dalam ataupun di luar kelas. Dilaksanakan dalam tiga klasifikasi kompetensi.

"Yaitu pertama mahir membimbing dan mengajarkan Alquran, mahir membaca Alquran dan mahir membaca Iqra," kata Norcahyomo.

Dia mengatakan, klasifikasi mahasiswa yang mahir dalam membimbing dan mengajarkan Alquran atau yang tergabung dalam GMR Mengaji. Pada periode ini diarahkan membantu penyelenggaraan program pendidikan keagamaan atau pengabdian di SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya dan SMAN 5 Palangkaraya selama Ramadhan 1444 H.

Tim GMR mengaji di kedua sekolah itu diserahkan langsung oleh Ahmad Syarif, M.Pd selaku Tim Ahli AIK yang juga Ketua Prodi Pendidikan Agama Islam UMPR. Dia turut didampingi Aris Pratama Gunawan, SH selaku Staf AIK UMPR.

Baca juga: Mahasiswa FTI UMPR kunjungi proyek sebagai implementasi Kampus Merdeka

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya, Ahmad Wahyu Cahyono, MPd menyambut baik program GMR Mengaji tersebut.

“Alhamdulillah, saya sangat menyambut baik dan mendukung atas program GMR Mengaji, dengan adanya Mahasiswa di sini dapat membantu kami dalam kegiatan tadarus," katanya.

Dia menerangkan, kegiatan tadarus di sekolah setempat itu dilaksanakan setiap hari selama 15 menit sebelum memulai pelajaran di kelas. Selain itu juga dilaksanakan saat Pesantren Ramadhan yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai 12-14 April.

Kemudian, Kepala Sekolah SMAN 5 Palangka Raya, Ramli MPd mengapresiasi program GRM Mengaji yang pertama kali dilaksanakan tersebut.

“Program baru UMPR, GMR Mengaji sangat membantu kami, khususnya di Bulan Ramadhan ini, kami sangat menyambut dan mendukung dengan baik," katanya.
 


Baca juga: UMPR galakkan pelestarian budaya daerah melalui UKM seni