Banjir mulai merendam 20 desa di Barito Selatan

id Banjir mulai merendam 20 desa di Barito Selatan, kalteng, barsel, Barito Selatan, sepi

Banjir mulai merendam 20 desa di Barito Selatan

Jalan Pelita Raya Buntok yang terendam banjir. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Sedikitnya 20 desa dan kelurahan, terutama yang berada di bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito Kalimantan Tengah mulai dilanda banjir.

"Banjir mulai terjadi dalam beberapa hari terakhir ini. Banjir tersebut diakibatkan tingginya curah hujan serta banjir kiriman dari daerah Kabupaten Murung Raya dan Kabupaten Barito Utara," kata Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Barito Selatan, Alip Suraya di Buntok, Senin.

Berdasarkan hasil pemantauan per tanggal 31 Maret 2023, banjir terjadi pada sejumlah desa di Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Dusun Utara dan di Kecamatan Dusun Hilir.

Ia menjelaskan, banjir di Kecamatan Dusun Selatan terjadi di delapan desa yakni di Desa Muara Talang, Teluk Talaga, Muara Ripung, Kalahien, Penda Asam, Teluk Mampun, Danau Sadar dan Desa Baru.

"Untuk di Kecamatan Dusun Hilir, banjir terjadi di Desa Mahajandau, Sungai Jaya dan Desa Batampang," kata Alip Suraya di dampingi Kasi Kedaruratan dan Logistik, Suwono.

Sedangkan di Kecamatan Dusun Utara banjir terjadi di sembilan desa yakni Desa Majundre, Talekoi, Reong, Kelurahan Pendang, Marawan Lama, Marawan Baru, Desa Sungai Telang, Tarusan dan Gunung Rantau.

Baca juga: DKPPP Barsel laksanakan bazar pangan murah di lima kecamatan

"Adapun jumlah masyarakat yang terdampak banjir pada desa di tiga kecamatan tersebut sebanyak 1.725 Kepala Keluarga (KK) atau 5.398 jiwa," terangnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah belum menetapkan status banjir tersebut. Meskipun demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan menyiapkan sejumlah logistik.

"Kita mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terutama yang berada di daerah hilir untuk melakukan persiapan guna mengamankan peralatan rumah tangga masing-masing," harapnya.

Berdasarkan pantauan, sejumlah jalan dalam kota Buntok mulai terendam banjir dalam dua hari terakhir ini. Sejumlah jalan yang mulai terendam banjir tersebut berada di Jalan Pelita Raya Buntok, dan Jalan Kelurahan serta di depan jalan Sepakat II.

Air yang menggenangi jalan Pelita Raya sepanjang kurang lebih 75 meter tersebut dengan kedalaman banjir antara 10 cm hingga 25 cm.

Disamping jalan, sejumlah pekarangan dan bahkan sebagian teras rumah penduduk terutama di Jalan Sepakat II Buntok sudah tergenang banjir.

Baca juga: Pemprov Kalteng sediakan 1.000 paket sembako murah untuk masyarakat Barsel

Baca juga: Kementan puji petani Barsel sukses tanam cabai

Baca juga: Pemkab Barsel paparkan capaian program tahun anggaran 2022