Perhatikan hal ini saat memilih duduk di lantai

id Duduk,duduk di lantai,postur tubuh

Perhatikan hal ini saat memilih duduk di lantai

Ilustrasi seseorang duduk di lantai (Pexels)

Jakarta (ANTARA) - Duduk di lantai dikatakan bermanfaat salah satunya untuk memperbaiki postur tubuh asalkan memperhatikan posisi, karena duduk dengan posisi tak tepat dapat menyebabkan sakit punggung dan leher, serta sesak di bahu dan pinggul.

Chiropractor di Louisiana, Amerika Serikat, Matthew Cavanaugh, DC seperti disiarkan Health beberapa waktu lalu mencontohkan duduk dengan posisi satu kaki terselip di bawah kaki lainnya sebagai posisi yang tak tepat. Menurut dia, posisi ini dapat membuat punggung bagian bawah tegang.

Kesalahan lainnya yakni duduk dengan tulang belakang membungkuk yang pada akhirnya dapat mengakibatkan ketegangan pada leher dan bahu serta nyeri punggung bawah.

Baca juga: Postur tubuh dapat pengaruhi mood

Bahkan, posisi duduk bersila mungkin tak bisa membantu pada orang-orang tertentu, menurut dokter terapi fisik sekaligus CEO JAG-ONE Physical Therapy John Gallucci, Jr, MS, ATC, PT, DPT,

“Bagi banyak orang, (posisi) ini bisa mengurangi aliran darah dan menambah ketegangan pada tubuh dan persendian. Selain itu, tekanan dari semua berat badan Anda pada kaki Anda juga dapat menyebabkan pembuluh darah laba-laba (kondisi pembuluh darah pecah yang mirip seperti sarang laba-laba)," kata dia.

Untuk menghindari tekanan tambahan ini, Gallucci merekomendasikan duduk dalam posisi bersila dengan punggung menempel ke dinding.

Direktur The Joint Corp Kevin Lees, DC menambahkan, kesalahan umum lainnya saat seseorang duduk di lantai yakni menjadikan telapak tangan sebagai penopang. Posisi ini dapat menyebabkan nyeri atau tekanan pada pergelangan tangan dan hilangnya aktivitas otot di punggung bawah.

Sementara itu, menopang diri dengan siku dapat menyebabkan tekanan dan nyeri bahu, dan dapat memperparah masalah punggung setelah beberapa saat.

“Tetap dekat dengan sesuatu yang kokoh yang dapat membantu Anda jika Anda kehilangan keseimbangan atau kekuatan saat duduk atau bangun," saran Lees.

Jenis permukaan tempat seseorang duduk juga dapat membuat perbedaan saat duduk di lantai. Permukaan kayu keras memberikan bantalan yang lebih sedikit daripada karpet sehingga penting untuk menggunakan bantalan atau alas yoga untuk menambah kenyamanan.

Menurut Gallucci, secara keseluruhan, jika seseorang harus bekerja dengan duduk, duduk di lantai bisa menjadi alternatif yang bagus.

“Anda juga bisa duduk di lantai sambil bermain dengan hewan peliharaan Anda, membaca buku, atau menggulir ponsel Anda," demikian kata dia.