Bupati Bartim ajak semua elemen dukung peningkatan dunia pendidikan

id Bupati Bartimajak semua elemen dukung peningkatan dunia pendidikan, kalteng, bartim, Barito timur, ampera

Bupati Bartim ajak semua elemen dukung peningkatan dunia pendidikan

Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas. ANTARA/HO-Prokopim Setda Bartim

Tamiang Layang  (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas mengajak seluruh elemen masyarakat untuk membantu peningkatan dunia pendidikan, di antaranya dengan mendorong kreativitas dunia belajar supaya lebih maju memanfaatkan teknologi.

"Namun jangan sampai kebablasan, di momentum Hari Pendidikan Nasional kita harus bersama-sama mendorong kreativitas dunia pendidikan, terutama pelaku pendidikan," kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Selasa.

Menurutnya,  pelaku pendidikan seperti tenaga pengajar atau guru bisa menonjolkan sumber daya lokal dalam hal materi pembelajaran kepada peserta didik. Dalam program merdeka belajar yang digaungkan menuntut para pendidik berinovasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar.

Hal itu, kata dia, perlu dilaksanakan secara faktual dalam menentukan pendidikan yang beriringan dengan era perkembangan zaman. 

Dicontohkan Ampera, di wilayah yang terkenal dengan produksi ikan melimpah maka perlu membuat terobosan dengan mengolah berbagai bahan pangan dari ikan. Demikian juga seperti wilayah yang memiliki sumber daya alam seperti rotan maka perlu kreativitas pendidikan yang  dijadikan barang seni dan lainnya.

"Yang dikenalkan kepada peserta didik yakni unsur sumber daya alam lokal untuk  memacu kreativitas dan mendorong dunia pendidikan untuk menjadikannya materi- materi pembelajaran di tiap sekolah," kata Ampera.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang siap layani pemeriksaan rohani dan narkoba caleg

Sementara itu dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023, Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menjadi pemimpin upacara dan menyampaikan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) RI, Nadiem Anwar Makarim, dengan tema Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar.

Upacara Hardiknas itu dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kabupaten Barito Timur, Instansi Vertikal di Barito Timur, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pimpinan Perusahaan, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pendidikan, para guru tingkat SD, SMP dan SMA/SMK serta perwakilan peserta didik SMP dan SMA/SMK se Kabupaten Barito Timur. 

Baca juga: Bupati Bartim: Jalan Simpang Tangkan-Bentot sudah fungsional

Baca juga: Bupati minta warga miskin di Bartim jadi peserta BPJS Kesehatan melalui DPMDSos

Baca juga: Berikut layanan kesehatan yang diberikan RSUD Tamiang Layang saat libur Lebaran