Pagar kantor Bupati Barito Timur yang roboh segera diperbaiki

id Sekretaris Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar, Barito Timur, bartim, kalteng, sekda bartim

Pagar kantor Bupati Barito Timur yang roboh segera diperbaiki

Eksavator milik Dinas PUPR Perkim Bartim mengevakuasi reruntuhan pagar tembok Bupati Barito Timur yang roboh di Halaman Polsek Dusun Timur di Tamiang Layang, Rabu. ANTARA/Habibullah.

Tamiang Layang (ANTARA) - Sekretaris Daerah Barito Timur, Kalimantan Tengah, Panahan Moetar menyatakan pagar kantor Bupati Barito Timur yang roboh akibat angin kencang disertai hujan deras, akan segera direhabilitasi atau diperbaiki.

"Saya sudah minta segera diperbaiki dan akan dikoordinasikan dengan dinas teknis (Dinas PUPR Perkim)," kata Panahan di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, pagar yang roboh segera dilakukan evaluasi dan tindakan evakuasi agar tidak membahayakan orang maupun pihak lain, ataupun anggota Polsek Dusun Timur.

Panahan menilai wajar pagar Kantor Bupati Barito Timur mengalami insiden roboh akibat angin kencang disertai hujan deras. Hal ini dikarenakan ada beberapa faktor alam dan teknis.

Faktor alam dikarenakan intensitas hujan yang lebat membuat konstruksi tanah labil, dan disertai angin kencang mengakibatkan roboh. Secara teknis, bangunan pagar sudah berusia 20 tahun dan ada masalah teknis lainnya seperti ketinggian struktur pada dataran tanah pada halaman Kantor Bupati Barito Timur lebih tinggi satu meter dari dataran tanah pada Kantor Polsek Dusun Timur.

Baca juga: Bupati ingin pelaksanaan FBNJ 2024 lebih meriah dan megah

Untuk itu, kata Panahan, pemerintah daerah mengambil langkah kebijakan untuk mengantisipasi agar tidak terulang. Beberapa meter pagar kantor bupati Barito Timur sengaja dibongkar sampai pada titik batas aman sementara dan menjaga konstruksi jalan yang menjadi akses tetap bisa dilalui.

"Agar insiden tidak terulang lagi, terlebih lagi menyebabkan hal yang tidak diinginkan,"  kata Panahan.

Insiden robohnya pagar kantor Bupati Barito Timur terjadi pada Selasa (9/5/2023) malam sekitar pukul 20.30 WIB. Dalam insiden itu mengakibatkan bangunan konstruksi kayu berupa dapur umum dan parkir serta 4 kendaraan rusak parah. Salah satunya motor milik pribadi Kapolsek Dusun Timur Iptu Kuslan, Yamaha Aerox rusak parah.

Baca juga: Lomba Malamang menarik perhatian masyarakat Bartim

Baca juga: Wabup Bartim: FBNJ tumbuhkan kecintaan terhadap budaya sendiri

Baca juga: Pemkab Bartim berkomitmen beri pelayanan publik tanpa adanya korupsi