Wabup Katingan berangkatkan 40 jamaah calon haji

id Wabup Katingan berangkatkan langsung keberangkatan 40 jamaah calon haji, kalteng, katingan, haji, jamaah haji

Wabup Katingan berangkatkan 40 jamaah calon haji

Wakil Bupati Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah Sunardi NT Lintang memberangkatkan jamaah calon haji asal kabupaten setempat, Minggu (4/6/2023). ANTARA/Naslee

Kasongan (ANTARA) - Wakil Bupati Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Sunardi NT Lintang, memberangkatkan bersama unsur Forum Pimpinan Kepala Daerah (FKPD) setempat melepas langsung keberangkatan 40 Jamaah Calon Haji (JCH) setempat.

"Saya atas nama pemerintah daerah mengingatkan kepada jamaah calon haji bahwa selain menunaikan rukun kelima dari rukun Islam. Kepergian bapak/ibu sekalian juga secara tidak langsung membawa nama baik daerah dan membawa nama baik bangsa pada umumnya," kata Sunardi NT Litang di halaman kantor Bupati Katingan, Minggu.

Dia pun berharap, seluruh jamaah untuk selalu menaati berbagai peraturan yang ada, selalu tertib dan khidmat dalam melaksanakan rangkaian ibadah serta dapat kembali ke tanah air dalam keadaan sehat walafiat.

Sehingga, lanjut dia, seluruh jamaah calon haji, khususnya yang berasal dari Kabupaten Katingan dapat melaksanakan rangkaian pelaksanaan ibadah haji dengan baik dan maksimal.

"Saya atas nama pemerintah, secara resmi melepas jamaah calon haji Katingan tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi. Semoga diberikan kelancaran, kemudahan dalam menjalankan ibadah haji dan menjadi haji mabrur," kata Sunardi.

Baca juga: Bupati Katingan tingkatkan insentif untuk Satlinmas

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Katingan, Hasan Basri, mengatakan JCH Katingan berangkat menuju embarkasi Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Selanjutnya, dijadwalkan berangkat ke Madinah Arab Saudi pada 5 Juni 2023, sekira pukul 23.00 WITA.

"JCH Katingan nantinya tergabung dalam Kloter 6 Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor (BDJ) dengan jumlah jemaah haji reguler termasuk Petugas Haji Daerah (PHD) 323 orang dan Petugas Kloter 5 orang untuk Nomor Penerbangan GIA 8106," ucap Hasan Basri.

Dari jumlah 40 JCH Katingan tahun 2023 ini terdiri dari 17 laki-laki dan 23 perempuan. Jumlah tersebut meliputi dari wilayah Kecamatan Katingan Hilir sebanyak 29 orang, Katingan Kuala lima orang, Sanaman Mantikei tiga orang, Katingan Tengah dua orang dan Kecamatan Tewang Sangalang Garing satu orang.

"JCH  prioritas Lansia ada dua orang yaitu atas nama Nuni Said Umar usia 80 tahun dan Bapak Nasrun Sudin Ahmad usia 72 tahun. Kita doakan agar seluruh jemaah dapat diberikan kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan ibadah Haji," katanya.

Baca juga: Kabupaten Katingan harus miliki venue penyelenggaraan event besar

Baca juga: Timsel tetapkan 40 calon anggota KPU empat kabupaten di Kalimantan Tengah

Baca juga: Bupati Katingan ajak umat Hindu Kaharingan tingkatkan peran dalam pembangunan