Kabupaten Katingan harus miliki venue penyelenggaraan event besar

id Ketua Himpunan Pemuda Katingan, Hapakat, Nirwansyah, Katingan, kalimantan tengah, kalteng, Katingan harus miliki venue penyelenggaraan event besar

Kabupaten Katingan harus miliki venue penyelenggaraan event besar

Ketua Himpunan Pemuda Katingan Nirwansyah. ANTARA/Naslee.

Kasongan, Katingan (ANTARA) - Ketua Himpunan Pemuda Katingan (Hapakat), Nirwansyah mengatakan, Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) harus memiliki venue atau kawasan khusus guna penyelenggaraan event besar di kabupaten setempat.

"Ini mengingat setiap tahun diselenggarakan event hiburan dari Pemda seperti HUT Kabupaten, MTQ, LASQI, Pesparawi, Festival Tandak Intan Kaharingan, menyambut tahun baru dan lain sebagainya," kata Nirwansyah di Kasongan, Selasa.

Sehingga, lanjut dia, saat ini sudah saatnya masyarakat di Kabupaten berjuluk "Bumi Penyang Hinje Simpei" atau semangat persatuan dan kesatuan memiliki fasilitas lapangan khususnya berbagai event-event berskala nasional bahkan internasional.

"Tidak menutup kemungkinan, jika ada venue baru akan ada Event Organizer (EO), sponsor yang tertarik menyelenggarakan konser musik bertaraf nasional di Kabupaten Katingan," katanya.

Dia mendukung apabila ada inisiatif DPRD dan Pemkab mengusulkan pembangunan venue itu untuk memfasilitasi berbagai kegiatan hiburan musik, konser musik, pergelaran seni dan budaya dgn lokasi baru khusus penyelenggaraan event-event hiburan.

"Tentunya dengan penyelenggaraan berbagai even hiburan dan konser musik akan turut memberikan efek positif bagi pergerakan ekonomi UMKM dan wisatawan berbagai daerah akan hadir dan menjadi PAD pemkab bagi daerah," katanya.

Sementara itu, di sisi lain fungsi venue tersebut juga dapat digunakan sebagai sarana sosial budaya. Kemudian, dengan adanya lokasi khusus ini, fasilitas publik seperti lapangan olah raga tidak akan rusak.

"Selama ini even hiburan diselenggarakan di lapangan sepakbola yang setiap ada penyelenggaraan event hiburan, yang berdampak negatif pada fasilitas olahraga seperti kerusakan rumput, akan butuh waktu lama lagi untuk pemulihan rumput lapangan olahraga sepak bola," imbuhnya.

Baca juga: Bupati Katingan ajak umat Hindu Kaharingan tingkatkan peran dalam pembangunan

Sebagai ketua organisasi yg juga sering menyelenggarakan acara dan memiliki EO, lanjut dia, pihaknya tidak menutup kemungkinan akan bekerjasama dengan pihak sponsor untuk menyelenggarakan konser musik yang lebih besar dan menghadirkan artis band ibu kota Jakarta.

"Selama ini kami hanya bisa menyelenggarakan acara lokal tingkat kabupaten saja sebab sponsor enggan jika di adakan konser berskala nasional karena kurangnya fasilitas stadion yang memungkinkan mampu untuk penyelenggaraan konser musik. Oleh sebab itu sudah saatnya Katingan memiliki venue untuk berbagai event-event besar," pungkasnya.

Baca juga: Sekda Katingan ajak masyarakat jaga kondusivitas daerah

Baca juga: Sebanyak40 jamaah calon haji dari Katingan laksanakan manasik haji 2023

Baca juga: Bupati Katingan ajak warga gelorakan semangat gotong royong