Bupati berharap HKTI Gumas jadi mitra pemkab bangun pertanian

id Pemkab gunung mas, hkti gunung mas, bupati gunung mas, jaya s monong, pertanian, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, kuala kurun, gumas, gunung mas

Bupati berharap HKTI Gumas jadi mitra pemkab bangun pertanian

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong didampingi Wakil Bupati yang juga Ketua HKTI Gunung Mas Efrensia LP Umbing, menyerahkan cendera mata kepada Ketua HKTI Kalteng Perdie M Yoseph, usai pelantikan pengurus cabang HKTI Gunung Mas masa bakti 2022-2026 di Kuala Kurun, Sabtu (18/2/2023). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) kabupaten bisa bermitra dengan pemerintah kabupaten dalam pelaksanaan pembangunan.

“Pelaksanaan pembangunan yang dimaksud di sini khususnya di sektor pertanian,” ucapnya saat pelantikan dewan pengurus cabang HKTI Gunung Mas masa bakti 2022-2026 di Kuala Kurun, Sabtu.

Selama ini pemkab telah melaksanakan tiga konsep pembangunan atau yang biasa disebut tiga smart, yakni smart agro, smart tourism, dan smart human resources didukung dengan satu pilar yakni infrastruktur.

HKTI Gunung Mas diharap dapat mendukung konsep smart agro atau pertanian dalam arti luas yang cerdas dan unggul. Pertanian dalam arti luas termasuk meliputi perkebunan, perikanan, peternakan, dan lainnya.

Pemkab terus berupaya mengembangkan pertanian, dengan memperkenalkan sentuhan teknologi dan mekanisasi pertanian, supaya produktivitas meningkat. Hal itu diimplementasikan dengan sistem pertanian yang terintegrasi.

“Untuk konsep smart human resources atau sumber daya manusia yang unggul, pemkab juga terus mendorong lahirnya petani milenial yang unggul, inovatif, dan mandiri,” kata Jaya.

Baca juga: Pemkab Gumas terapkan aplikasi Srikandi demi tingkatkan kualitas kearsipan

Smart agro juga beriringan dengan smart tourism atau pariwisata yang unggul. Sebab dewasa ini muncul fenomena keberhasilan sektor agro bisnis, yang dimanfaatkan atau dipadukan sebagai wisata agro.

Oleh sebab itu, dia berharap HKTI Gunung Mas dapat bersinergi dengan pemkab dan para pemangku kepentingan lainnya, dalam melakukan pembangunan, demi kemajuan daerah dan peningkatan kesejahteraan petani.

Untuk diketahui, pelantikan dewan pengurus cabang HKTI Gunung Mas masa bakti 2022-2026 dilakukan langsung oleh Ketua HKTI Kalteng, Perdie M Yoseph. Sebagai ketua adalah Efrensia LP Umbing, yang juga merupakan Wakil Bupati Gunung Mas. Kemudian sebagai sekretaris Yantrio Aulia, bendahara Daris.

Perdie meminta kepada dewan pengurus cabang HKTI Gunung Mas agar segera bersinergi, menyiapkan program yang efektif dan efisien, yang bertujuan untuk memajukan pertanian di wilayah setempat.

Sementara itu, Ketua HKTI Gunung Mas, Efrensia LP Umbing mengatakan, telah dilaksanakannya pelantikan ini, maka pihaknya akan segera melakukan konsolidasi dengan seluruh pengurus.

“Kami juga akan menghimpun anggota sebanyak-banyaknya, dan segera menyelenggarakan rapat kerja di tingkat kabupaten, untuk menyusun program kerja serta merealisasikannya,” demikian Efrensia.

Baca juga: Pemkab Gumas nilai pelayanan publik kepolisian semakin meningkat

 

Baca juga: Dinsos Gumas terus berupaya penerima bantuan sosial tepat sasaran

 

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gumas dukung coklit data pemilih