Pemkab Gumas nilai pelayanan publik kepolisian semakin meningkat

id Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Gunung Mas, gumas, kalteng, pelayanan kepolisian di gunung mas

Pemkab Gumas nilai pelayanan publik kepolisian semakin meningkat

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra dan Plh Sekda Richard, menyaksikan salah satu peserta menandatangani berita acara Forum Konsultasi Publik di Kuala Kurun, Rabu (16/2/2023). ANTARA/HO-Polres Gunung Mas.

Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, menilai pelayanan publik yang dilakukan oleh Kepolisian Resor (Polres) setempat dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Peningkatan yang dimaksud baik dari sisi sumber daya manusia (SDM) maupun sarana penunjang, kata Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Gunung Mas, Richard saat menghadiri forum konsultasi publik Polres Gunung Mas di Kuala Kurun, Rabu.

"Pelayanan yang dilaksanakan di lingkup Polres Gunung Mas sudah bisa mencakup seluruh masyarakat. Misalnya pelayanan terkait Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pengaduan, dan sebagainya," sambungnya.

Selain itu, tutur dia, Pemkab, Polres, dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah juga selalu bersinergi dalam memberi pelayanan yang terpadu dan berkualitas, demi kenyamanan masyarakat Gunung Mas.

Di sisi lain, dia berharap para tokoh bisa ikut berperan dan ambil bagian dalam mengedukasi masyarakat, terkait keberadaan berbagai jenis pelayanan yang ada di Polres Gunung Mas.

Sementara itu, Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra menyampaikan, pada pelaksanaan forum konsultasi publik pihaknya menjaring aspirasi dan harapan masyarakat, untuk kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan serta pelayanan publik.

Dia menyebut, forum konsultasi publik ini merupakan kerangka pelayan Polres Gunung Mas, yang nantinya akan dibuat standar operasional pelayanan (SOP), sesuai dengan kondisi karakteristik wilayah dan kearifan lokal.

Baca juga: Dinsos Gumas terus berupaya penerima bantuan sosial tepat sasaran

Dalam memaksimalkan pelayanan publik Polres Gunung Mas tentunya tidak dapat bekerja sendiri. Polres, sambung dia, sangat memerlukan dukungan dari pemerintah daerah  serta masyarakat.

Sejauh ini Polres Gunung Mas sudah melakukan berbagai inovasi terkait pelayanan publik, seperti SKCK delivery, di mana pemohon bisa mendaftar dari rumah lalu petugas akan mengantar langsung lembar SKCK ke alamat pemohon, tanpa dipungut biaya tambahan.

Sarana prasarana pelayanan masyarakat juga terus dilengkapi, antara lain tempat bermain anak, ruang laktasi atau ruangan khusus bagi ibu yang menyusui, taman baca anak, sarana disabilitas, dan lainnya.

“Semoga ke depan pelayanan publik yang dilaksanakan di Polres Gunung Masa menjadi lebih maju, bermutu, dan dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” demikian Asep Bangbang Saputra.

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gumas dukung coklit data pemilih

Baca juga: Setoran pajak penerangan jalan di Gunung Mas capai Rp2,4 miliar

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gumas konsisten dan tepat waktu bayar tagihan listrik