Setoran pajak penerangan jalan di Gunung Mas capai Rp2,4 miliar

id Setoran pajak penerangan jalan di Gunung Mas capai Rp2,4 miliar, kalteng, gumas, gunung mas

Setoran pajak penerangan jalan di Gunung Mas capai Rp2,4 miliar

Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong menerima setoran PPJ dari Manager PLN ULP Kuala Kurun, Rizal Bima Bayuaji di Kuala Kurun, Rabu (8/2/2023). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Rizal Bima Bayuaji menyatakan setoran pajak penerangan jalan (PPJ) di wilayah setempat mencapai Rp2,4 miliar pada 2022 lalu.

“Rp2,4 miliar itu merupakan setoran PPJ periode Januari sampai dengan Desember 2022,” ucapnya usai menyerahkan piagam setoran PPJ 2022 kepada Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong, di Kuala Kurun, Rabu.

Dia menyebut, PPJ senilai Rp2,4 miliar tadi berasal dari pembayaran pajak yang dilakukan oleh sekitar 20 ribu pelanggan PLN yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

PPJ sendiri adalah pajak atas penggunaan tenaga listrik, baik yang dihasilkan sendiri maupun diperoleh dari sumber lain. PPJ digunakan untuk menyediakan dan memelihara penerangan jalan oleh pemerintah daerah.

PPJ disetor oleh PLN secara rutin ke rekening pemerintah daerah, berdasarkan pelunasan rekening atau pembelian token oleh pelanggan, berdasarkan prosentase penetapan PPJ oleh masing-masing daerah melalui peraturan daerah (perda).

Lebih lanjut, Rizal mengungkapkan hal ini merupakan bentuk dukungan dari PLN terhadap pembangunan daerah di Kalteng, khususnya di Gunung Mas. Sebab setoran PPJ tersebut menjadi sumber penambahan pendapatan asli daerah (PAD) yang salah satu pemanfaatannya digunakan untuk pembangunan.

Baca juga: Legislator Gumas bangga capaian penanganan stunting

“Dengan membayar listrik di awal waktu, selain menghindarkan dari sanksi keterlambatan, masyarakat juga turut mendukung pembangunan daerah, yang nantinya ditujukan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat,” tutur dia.

Dirinya juga mengajak masyarakat Gunung Mas untuk menggunakan aplikasi PLN Mobile guna memudahkan pelanggan mengakses segala kebutuhan listrik, sejalan dengan upaya peningkatan kualitas PLN dari sisi layanan.

Dengan berbagai fitur di aplikasi PLN Mobile pelanggan lebih mudah mendapatkan informasi seperti mengecek tagihan dan riwayat token, pengaduan kelistrikan, sambung listrik baru dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Bupati Gunung Mas, Jaya S Monong mengapresiasi dan menyambut baik dukungan PLN. Dia berharap setoran PPJ pada 2023 dapat meningkat jika dibandingkan dengan setoran PPJ 2022.

“Saya sampaikan ucapan terima kasih kepada PLN atas dukungannya. PAD ini pasti akan sangat bermanfaat bagi pembangunan di daerah kita, yang pada akhirnya akan dinikmati juga oleh masyarakat,” demikian Jaya.

Baca juga: Bupati ajak masyarakat Gumas konsisten dan tepat waktu bayar tagihan listrik

Baca juga: Gumas targetkan angka stunting turun di bawah 14 persen

Baca juga: Tim Pakem Gumas waspadai penyebaran aliran menyimpang melalui media sosial