Bupati Katingan tingkatkan insentif untuk Satlinmas

id Pemkab katingan, bupati katingan sakariyas, insentif satlinmas katingan dinaikkan, hansip, kasongan, katingan

Bupati Katingan tingkatkan insentif untuk Satlinmas

Bupati Katingan Sakariyas membuka pelatihan dan peningkatan kapasitas Satlinmas di aula Kecamatan Katingan Hilir, Rabu (1/6/2023). (ANTARA/Naslee)

Kasongan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah akan meningkatkan insentif bagi aparatur Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di kabupaten setempat pada 2024.

"Insentif Komandan Regu (Danru) perbulan Rp600 ribu, kita naikkan menjadi Rp650 ribu. Untuk Intensif anggota dari perbulan Rp400 ribu menjadi Rp500 ribu," kata Bupati Katingan Sakariyas di Kasongan, Kamis.

Dia mengatakan, kenaikkan tersebut sebagai bentuk dan wujud perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat setempat, terutama petugas pemerintahan.

Menurutnya insentif Satlinmas dinaikkan karena sudah tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 1 tahun 2017 tentang Pembagian dan Penetapan Rincian Alokasi Dana Desa Setiap Desa di Katingan.

Satlinmas atau dikenal dengan Hansip merupakan warga masyarakat yang disiapkan, dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana serta tugas-tugas situasional perbantuan lainnya.

Keberadaan Satlinmas membuat pengamanan di lingkungan masyarakat lebih tepat dan cepat seperti saat melakukan pengamanan di lokasi hajatan, membantu pengamanan pemilu, hingga pilkades.

Baca juga: Kabupaten Katingan harus miliki venue penyelenggaraan event besar

Namun demikian, di kawasan perkotaan, tugas Satlinmas dibantu oleh Satpol PP dan Polisi. Peran Satlinmas pun sangat penting untuk terus diperkuat.

Salah satu upaya penguatan Satlinmas tersebut, yakni digelarnya pelatihan dan peningkatan kapasitas aparatur Satlinmas se-Katingan Hilir.

"Saya sangat mengapresiasi pelaksanaan pembinaan dan pelatihan peningkatan kapasitas bagi Satlinmas yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Katingan Hilir," kata Sakariyas.

Menurut dia, kegiatan ini juga bentuk inovasi atau gagasan dengan melibatkan satuan linmas di wilayah masing-masing kelurahan dan desa-desa dalam satu wilayah kecamatan.

"Peran mereka sangatlah penting, terutama melaksanakan tugas untuk menjaga keamanan, ketenteraman dan ketertiban di lingkungan masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Katingan, Pimanto mengatakan, sejak 2004 pembinaan terhadap Linmas dilaksanakan pemda di bawah Satuan Polisi Pamong Praja.

Baca juga: Timsel tetapkan 40 calon anggota KPU empat kabupaten di Kalimantan Tengah

Baca juga: Bupati Katingan ajak umat Hindu Kaharingan tingkatkan peran dalam pembangunan

Baca juga: Timsel harapkan keterwakilan perempuan pada Bawaslu Katingan