Kapolda Kalteng kirim air suci pertapaan Tjilik Riwut ke Jakarta

id Air Suci Pertapaan Tjilik Riwut,Palangka Raya,Kalteng,Kabid Humas Polda Kalteng AKBP erlan Munaji,Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto ,Pahlawan N

Kapolda Kalteng kirim air suci pertapaan Tjilik Riwut ke Jakarta

Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto melaksanakan prosesi menyerahkan kendi berisi air suci dari pertapaan Tjilik Riwut kepada salah satu personel Brimob Polda setempat yang dilaksanakan di halaman Mapolda setempat, Rabu (14/6/2023). ANTARA/HO-Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto memimpin apel penyerahan dan pemberangkatan tim pembawa air suci pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut yang berasal dari provinsi setempat, di halaman Mapolda setempat.

"Air suci dari pertapaan Tjilik Riwut itu nantinya akan dipergunakan untuk menyiram panji-panji Polri pada peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-77 di Mabes Polri, bersama dengan air suci yang lain dari Polda-Polda se-Indonesia," kata Kabid Humas Polda Kalteng AKBP Erlan Munaji di Palangka Raya, Rabu.

Ia menuturkan, makna dari kegiatan tersebut adalah untuk menanamkan rasa kebanggaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan kebanggaan terhadap kesatuan yaitu Polri.

Kemudian itu, bahwa untuk bisa mendapatkan air suci tersebut dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan, sebagai wujud penghargaan dan penghormatan terhadap kearifan lokal dimana tempat bertugas selama ini.

"Air Suci dari Polda Kalteng ini diambil di sumber air di lingkungan objek wisata Bukit Batu, Kabupaten Katingan yang merupakan tempat pertapaan Pahlawan Nasional Tjilik Riwut," tutupnya.

Erlan menuturkan, pelepasan air suci tersebut juga disaksikan seluruh pejabat utama Polda Kalteng dan juga dikawal oleh personel Polri baik itu Brimob dan Polantas ke Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya untuk dikirim ke Mabes Polri.

Baca juga: Sambut HUT Bhayangkara ke-77, Polda Kalteng targetkan 500 kantong darah

"Sejak pengambilan air serta prosesi pengiriman ke Mabes Polri, semuanya berjalan aman, lancar dan tidak ada hambatan apapun," ungkapnya.

Berdasarkan pantauan dari lokasi penyerahan air suci dari pertapaan Tjilik Riwut yang asli Pahlawan Nasional asal Kalteng tersebut, para personel dengan sigap dan penuh hati-hati ketika menyerahkan air tersebut.

Air yang ditaruh di dalam kendi kecil berukuran sedang tersebut, benar-benar dijaga dan dipegang oleh salah satu personel Brimob yang memang ditugaskan untuk membawa air tersebut sampai ke Mabes Polri dengan selamat.

Baca juga: Polda Kalteng gelar bakti kesehatan di kawasan padat penduduk

Baca juga: Polisi tangkap pelaku perampokan mobil modus gunakan obat

Baca juga: Bripka Andry jadi DPO Propam Polda Riau usai bongkar setoran ke atasan