KPU Bartim minta warga belum masuk DPT segera melapor

id Kpu barito timur, pemkab bartim, pemilu 2024, dpt bartim, tamiang layang, bartim, barito timur

KPU Bartim minta warga belum masuk DPT segera melapor

Penyampaian DPT dalam rapat pleno rekapitulasi DPT tingkat Kabupaten Barito Timur di Tamiang Layang, (21/6/2023). (ANTARA/Habibullah)

memberikan kesempatan kepada seluruh warga negara yang belum masuk dalam DPT agar berkoordinasi dengan PPS maupun PPK setempat atau langsung ke kantor KPU Barito Timur di Tamiang Layang
Tamiang Layang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Barito Timur menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024 yakni sebanyak 81.100 jiwa.

“DPT sudah kita tetapkan pada Rabu (21/6) kemarin,” kata Ketua KPU Barito Timur, Andy A Gandrung dihubungi dari Tamiang Layang, Jumat.

Menurutnya, penetapan DPT ini merupakan hasil dari proses verifikasi dan validasi data yang dilakukan KPU Barito Timur. Proses tersebut melibatkan berbagai tahapan, termasuk pemutakhiran data pemilih dan pemeriksaan keabsahan dokumen pendukung.

Melalui upaya ini, tambah Andy, KPU Barito Timur bertujuan memastikan daftar pemilih yang terdaftar adalah warga negara yang memenuhi syarat dan memiliki hak pilih sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Kami telah melalui proses yang sangat ketat dalam memverifikasi dan memvalidasi data pemilih. Kami berharap DPT yang telah ditetapkan ini mewakili seluruh pemilih yang berhak menggunakan hak suara mereka dalam pemilu mendatang,” tutur Andy.

Baca juga: Polres Barito Timur raih penghargaan Kompolnas Award 2023

Kendati demikian, dia menyampaikan, dengan penetapan DPT sebanyak 81.100 jiwa ini, KPU Barito Timur tetap memberikan kesempatan kepada seluruh warga negara yang belum masuk dalam DPT agar berkoordinasi dengan PPS maupun PPK setempat atau langsung ke kantor KPU Barito Timur di Tamiang Layang.

DPT yang ditetapkan Barito Timur sebanyak 81.100 jiwa, dengan jumlah TPS sebanyak 351 TPS untuk 10 kecamatan yang terdiri dari 103 desa atau kelurahan. Sedangkan jumlah pemilih perempuan sebanyak 39.993 jiwa dan pemilih laki-laki sebanyak 41.107 jiwa.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur diwakili Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh Al Qadri mengapresiasi atas kerja keras KPU setempat dalam menyusun DPT yang dinilai akurat.

Menurutnya, keterlibatan aktif pemilih diharap menghasilkan pemimpin yang dipilih secara demokratis dan memperkuat tatanan demokrasi di Kabupaten Barito Timur.

"Pemerintah daerah menaruh harapan semoga Pemilu 2024 mendatang berlangsung dengan baik dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi masyarakat Barito Timur," ucapnya.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang laksanakan kredensial, tingkatkan kapasitas nakes

Baca juga: Wabup Bartim tegaskan ASN harus netral pada Pemilu 2024

Baca juga: Polisi ciduk ASN Bartim di Tabalong terkait narkoba