Wabup Bartim ajak masyarakat sukseskan Pemilu 2024

id Pemkab bartim, wabup bartim, habib said abdul saleh al qadri, pemilu 2024, pesta demokrasi, pemilihan umum, daftar pemilih tetap, dpt, tamiang layang

Wabup Bartim ajak masyarakat sukseskan Pemilu 2024

Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh AL Qadri. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Habib Said Abdul Saleh Al Qadri mengajak seluruh masyarakat di wilayah setempat berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024 dengan menjadi pemilih yang aktif.

“Salah satu caranya dengan mengecek data diri masing-masing apakah sudah ada dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebagai pemilih atau belum terdaftar,” kata Habib Saleh di Tamiang Layang, Sabtu.

Jika belum terdaftar pada DPT KPU Barito Timur, maka masyarakat kiranya bisa berkoordinasi kepada penyelenggara baik di tingkat desa, kecamatan maupun langsung mendatangi KPU Barito Timur.

Dia mengatakan, masyarakat memiliki peranan sangat penting dalam proses demokrasi untuk terwujudnya pemilu sukses dan bermartabat.

“Kita meyakini partisipasi aktif dari masyarakat akan membawa perubahan positif dalam proses pemilihan, hingga bermuara pada pembangunan yang diharapkan masyarakat,” tegasnya.

Dia juga menyoroti pentingnya melibatkan generasi muda dalam proses demokrasi. Karena itu, dia mengajak pemuda berperan aktif dalam menyuarakan aspirasi dan memilih pemimpin yang dapat mewujudkan perubahan yang diinginkan.

"Berperan aktiflah generasi muda Barito Timur dalam politik. Suara mereka memiliki kekuatan yang besar untuk membentuk masa depan yang lebih baik," tuturnya.

Baca juga: Pemkab Bartim alokasikan Rp1 miliar untuk pembelian hewan kurban

Selain itu, Habib Saleh juga menyampaikan harapannya terhadap partai politik dan calon-calon pemimpin. Ia menekankan pentingnya menjalankan kampanye sehat, menjunjung tinggi etika politik, serta mematuhi aturan.

"Kami berharap partai politik dan calon-calon pemimpin dapat berkompetisi secara sehat. Mari kita fokus pada visi dan misi untuk memajukan Barito Timur, bukan melakukan kampanye hitam atau menciptakan perpecahan di tengah-tengah masyarakat," tuturnya.

Ketua KPU Bartim, Andy Amyanu Gandrung mengatakan, DPT kabupaten setempat untuk Pemilu 2024 sebanyak 81.100 orang, dengan jumlah pemilih laki- laki 41.107 orang dan pemilih perempuan 39.993 orang.

“Masyarakat bisa melakukan pengecekan langsung melalui telepon maupun komputer atau laptop melalui https://cekdptonline.kpu.go.id/ ,” terang Andy.

KPU Bartim berupaya maksimal melakukan pendataan masyarakat yang belum terdata. Namun, jika ada warga yang masih belum terdaftar kiranya bisa menghubungi PPS, PPK atau langsung ke KPU Barito Timur.

“Karena setelah DPT akan ada pembahasan daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus,” demikian Andy A Gandrung. 

Baca juga: Bupati Barito Timur ajak masyarakat cegah konflik sosial

Baca juga: KPU Bartim minta warga belum masuk DPT segera melapor

Baca juga: RSUD Tamiang Layang laksanakan kredensial, tingkatkan kapasitas nakes