Pemkab Bartim alokasikan Rp1 miliar untuk pembelian hewan kurban

id Pemkab bartim, bupati bartim, ampera ay mebas, hari raya idul adha, hari raya kurban, hewan kurban bartim, tamiang layang, bartim, barito timur

Pemkab Bartim alokasikan Rp1 miliar untuk pembelian hewan kurban

ILUSTRASI - Petugas dari melakukan pemeriksaan hewan kurban. (ANTARA/Arnas Padda)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah mengalokasikan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk pembelian hewan kurban dalam rangka perayaan Hari Raya Idul Adha 1 Dzulhijjah 1444 Hijriah.

"Hewan kurban bantuan pemerintah daerah itu diprioritaskan untuk masjid-masjid terlebih dahulu, kemudian mushola atau langgar yang di sekitar lingkungan tidak terdapat warga berkurban," kata Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat.

Dia menjelaskan pemerintah daerah telah mengalokasikan anggaran tersebut dan diserahkan kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Barito Timur, sedangkan hewan kurban rencanaya disalurkan kepada masyarakat sekitar dua hari sebelum Idul Adha.

Pemkab Bartim telah menunjuk tim khusus yang bertugas memilih hewan kurban untuk memastikan hewan yang dibeli memiliki kualitas yang baik dan memenuhi persyaratan.

Baca juga: Bupati Barito Timur ajak masyarakat cegah konflik sosial

Selain itu, tim juga akan melakukan pengecekan terhadap kesehatan hewan secara menyeluruh, guna memastikan keamanan konsumsi bagi masyarakat yang akan menerima daging kurban.

“Hewan kurban ditujukan kepada mereka yang memerlukan atau merayakan Idul Adha, dengan harapan pembagian daging hewan kurban merata kepada warga tepat sasaran,” ujarnya.

Ampera selaku Bupati Barito Timur juga berharap, dengan dana Rp1 miliar tersebut dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat. Selain itu, kata dia, masyarakat Bartim dapat merayakan Hari Raya Idul Adha dengan penuh syukur.

“Semoga ini membawa berkah serta memperkuat rasa persaudaraan dan kebersamaan antar warga Bartim dalam menyambut Hari Raya Idul Adha," katanya.

Baca juga: KPU Bartim minta warga belum masuk DPT segera melapor

Baca juga: Polres Barito Timur raih penghargaan Kompolnas Award 2023

Baca juga: RSUD Tamiang Layang laksanakan kredensial, tingkatkan kapasitas nakes