Polda Kalteng peduli lingkungan dengan bersihkan Sungai Kahayan

id Polda Kalteng,Palangka Raya,Kalteng,Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji ,DBD,Gotong Royong, Sungai Kahayan,Muhammad Nur, Erlan Munaji

Polda Kalteng peduli lingkungan dengan bersihkan Sungai Kahayan

Personel Polwan Polda Kalteng juga terlibat dalam kegiatan peduli lingkungan dengan membersihkan irigasi di Jalan Mendawai dan Sungai Kahayan yang berada di Kota Palangka Raya, Kamis (13/7/2021). ANTARA/Humas Polda Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Puluhan personel Polda Kalimantan Tengah menggelar aksi peduli lingkungan dengan membersihkan sampah yang berada di Sungai Kahayan, Kelurahan Palangka Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji di Palangka Raya, Kamis, mengatakan aksi peduli lingkungan atau gotong royong tersebut melibatkan seluruh personel dari polda setempat dan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia serta di seluruh kabupaten di wilayah provinsi setempat.

"Hal tersebut merupakan wujud kepedulian Polri, khususnya Polda Kalteng terhadap kebersihan lingkungan di masyarakat yang ada di Kota Palangka Raya," katanya.

Dia menuturkan, dengan adanya kegiatan tersebut tentunya ini menandakan sinergitas antara Polri dan masyarakat terus terjalin.

"Terlebih jika lingkungan kita bersih, tentunya kita bisa dengan nyaman beraktivitas sehari-hari," katanya.

Sementara itu Ketua RT 01 RW IX, Muhammad Nur, menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan personel dari Polda Kalteng  yang ringan hati membantu warga membersihkan sampah-sampah di saluran irigasi yang berada di Jalan Mendawai Kota Palangka Raya.

"Kami sangat berterima kasih atas kegiatan dari Polda Kalteng. Kami harapkan kegiatan ini dapat menjadi rutinitas yang dilakukan satu minggu sekali," katanya saat ikut melaksanakan gotong royong di lokasi setempat.

Dirinya menilai, kegiatan tersebut menjadi salah satu langkah mitigasi bencana akibat sampah yang menumpuk di saluran irigasi.

Bahkan, jika air telah terkontaminasi dengan sampah rumah tangga, maka dikhawatirkan dapat menyebabkan penyakit bagi warga.

"Karena sampah yang bertumpuk di irigasi ini, bisa menjadi wadah nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD) berkembang biak," tegasnya.

Dari informasi yang dihimpun, kegiatan peduli lingkungan tersebut juga dilaksanakan oleh seluruh Polres jajaran di Polda Kalteng. Harapanya dengan adanya kegiatan tersebut, masyarakat juga ikut menjaga kebersihan lingkungannya agar terbebas dari yang namanya wabah penyakit yang bisa merugikan warga.