Puluhan pelaku UMKM di Kapuas dilatih keterampilan menjadi barista

id Puluhan pelaku UMKM di Kapuas dilatih keterampilan menjadi barista, kalteng, kapuas, barista, UMKM

Puluhan pelaku UMKM di Kapuas dilatih keterampilan menjadi barista

Anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin, bersama peserta barista melakukan foto bersama dalam pelatihan barista di Kabupaten Kapuas, Minggu (16/7/2023). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Puluhan peserta dari pelaku atau pekerja Industri Kecil Menengah (IKM) kopi di Kabupaten Kapuas, mengikuti pendidikan dan pelatihan pengolahan serta penyajian kopi 3 in 1 sebagai bekal jika ingin menjadi barista.

Pelatihan yang sudah memasuki angkatan keenam ini diselenggarakan anggota Komisi VII DPR RI, Mukhtarudin, bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian.

"Alasan kami memilih barista adalah untuk mendorong perkembangan wirausaha kopi di Kapuas. Terlebih usaha kedai kopi di Kapuas mulai berkembang pesat," kata Mukhtarudin, di Kuala Kapuas, Minggu (16/7).

Kegiatan yang berlangsung di salah satu aula hotel di Jalan Seroja Kuala Kapuas itu diikuti 50 peserta dari pelaku atau pekerja IKM kopi di daerah setempat. Sebelumnya kegiatan serupa juga digelar di Palangka Raya dan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Menyikapi perkembangan yang terjadi, tinggal kesiapan sumber daya manusia untuk berusaha mandiri atau bekerja di kedai kopi.

Baca juga: Kapuas siap kirimkan atlet pada Porprov Kalteng

Melalui pelatihan yang diselenggarakan, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Kalteng ini juga mendorong masyarakat agar tidak selalu bergantung kepada pekerjaan formal seperti pegawai negeri atau perusahaan.

"Diharapkan terbuka lapangan pekerjaan baru, sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat. Ke depan tidak hanya pelatihan menjadi barista, pelatihan keterampilan-keterampilan lain juga dapat dilaksanakan di Kapuas," harapnya.

Sementara itu, Rahman, salah satu barista warga Jalan Tambun Bungan Kuala Kapuas ini mengaku cukup senang serta menyambut baik adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh wakil rakyat tersebut bekerja sama dengan BPSDMI Kementerian Perindustrian RI.

"Tentunya ini menambah ilmu dan wawasan kita dalam meningkatkan keterampilan serta pendapatan. Diharapkan, kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dalam rangka untuk mendorong pelaku atau pekerja berusaha secara mandiri, dan kami menyampaikan ucapan terimakasih atas kegiatan yang diberikan," demikian Rahman.

Baca juga: Legislator Kapuas dukung penyuluhan usaha industri rumah tangga pangan

Baca juga: Legislator Kapuas terima berbagai usulan masyarakat dalam reses perseorangan

Baca juga: 317 jamaah haji Kapuas tiba dengan selamat