BGA Group dan Polres Kotim kembali distribusikan ribuan paket sembako murah

id BGA Group kembali distribusikan ribuan paket sembako murah di Kotim, kalteng, sampif, kotim, kotawaringin Timur, bga, bga group, bazar, csr

BGA Group dan Polres Kotim kembali distribusikan ribuan paket sembako murah

Pelaksanaan bazar sembako murah di Desa Tumbang Sepayang oleh BGA Group untuk membantu masyarakat. ANTARA/HO-BGA Group

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group bersama mitra perusahaan, khususnya Polres, kembali menggelar kegiatan sosial mereka dengan mendistribusikan ribuan paket sembako murah di desa-desa sekitar kebun mereka di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. 

"Melalui kegiatan ini, kami berharap bisa membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Semoga juga rasa kebersamaan dan silaturahmi menjadi terjalin semakin baik," kata Koordinator CSR Kalteng BGA Group, Rudi Wakiatno di Sampit, Kamis. 

Kegiatan sosial yang diberi nama Bazar Sembako Murah ini sudah dilaksanakan sejak Sabtu (15/7) dan terus berlanjut. Kegiatan ini merupakan salah satu realisasi program tanggung jawab sosial atau CSR (corporate social responsibility) BGA Group untuk membantu masyarakat. 

Untuk melaksanakan kegiatan ini, BGA Group melalui anak perusahaannya menggandeng sejumlah mitra, diantaranya Polres Kotawaringin Timur. Sasaran utama kegiatan ini adalah masyarakat di desa-desa sekitar kebun perusahaan milik BGA Group. 

Distribusi sembako murah ini disambut antusias masyarakat karena harganya jauh lebih murah dibanding di pasaran. Setiap paket sembako senilai Rp200.000 namun hanya dijual Rp25.000 karena disubsidi oleh BGA Group untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. 

Hingga saat ini terdata ada paket 6.433 sembako murah yang sudah maupun dalam proses pendistribusian. Dari seluruh paket tersebut, BGA Group telah mengeluarkan subsidi setidaknya Rp1.125.775.000 sehingga warga bisa mendapatkan paket sembako dengan harga sangat murah. 

"Kami berupaya untuk terus membantu masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi kami semua baik warga masyarakat maupun perusahaan," harap Rudi Wakiatno. 

Kegiatan bazar sembako murah tersebut dilaksanakan di Regional Mentaya Kecamatan Antang Kalang dan Telaga Antang pada Sabtu (15/7) di Desa Rantau Tampang sebanya 315 paket dan Luwuk Kowan sebanyak 196 paket sehingga total 511 paket. 

Selanjutnya bazar pada Selasa (18/7) sebanyak 640 paket yang tersebar di Desa Tumbang Mangkup 194 paket, Tumbang Bajanei 146 paket dan Tumbang Boloi 300 paket. 

Bazar pada Rabu (19/7) dengan total 545 paket yang tersebar di Desa Tumbang Sepayang sebanyak 231 paket dan Sungai Hanya 314 paket. 

Di wilayah ini untuk sementara sudah direalisasikan di tujuh desa dengan total sembako 1.696 paket dengan subsidi sebesar Rp296.800.000.

Rencana selanjutnya bazar sembako murah akan dilaksanakan oleh Langgeng Makmur Sejahtera (PT LMS) pada Sabtu (22/7). Paket sembako murah akan didistribusikan di Desa Sei Puring sebanyak 270 paket, Tumbang Ngahan 140 paket dan Kuluk Telawang 150 paket sehingga total 560 paket. 

Setelah realisasi tersebut maka total seluruh paket yang direalisasikan sebanyak 2.256 paket senilai Rp451.200.000 dan subsidi perusahaan sebesar Rp394.800.000.

Sementara itu realisasi Bazar Sembako Murah Regional Pundu Kecamatan Cempaga Hulu dan Cempaga pada Sabtu (15/7) meliputi Desa Rubung Buyung sebanyak 261 paket, Sei Ubar 300 paket dan Parit 200 paket sehingga total 761 paket. 
Manajemen perusahaan BGA Group bersama mitra dan masyarakat saat pelaksanaan bazar sembako murah di Desa Pundu Kecamatan Cempaga Hulu. ANTARA/HO-BGA Group

Realisasi pada Selasa (18/7) dilaksanakan di 10 desa dengan total 1.720 paket yaitu Desa Keruing 175 paket, Katari 120 paket, Tumbang Koling 200 paket, Sudan 200 paket, Pantai Harapan Harapan 225 paket, Pundu 200 paket, Pelantaran 200 paket, Bukit Batu 100 paket, Bukit Raya 100 paket dan Hampalit 200 paket. 

Realisasi total desa sebanyak 12 desa dan 1 dusun dengan jumlah paket 2.481 paket Rp.496.200.000 dan disubsidi oleh perusahaan sebesar Rp434.175.000. Bazar sembako murah di Regional Pundu telah tuntas terealisasi. 

Kepala Desa Bukit Batu, Akhmad atas nama pemerintah desa dan masyarakat mengucapkan terima kasih atas kepedulian BGA Group membantu masyarakat melalui kegiatan tersebut. 

"Kami mengucapkan terima kasih karena program ini dapat membantu meringankan beban warga kami dalam memenuhi kebutuhan pokok. Semoga BGA tetap jaya," ujar Akhmad. 

Kapolsek Cempaga Hulu Iptu Januar Ganari menyampaikan terima kasih kepada BGA Group karena sudah mendukung kegiatan Polres Kotim dalam rangka HUT ke 78 Kemerdekaan RI. 

"Kita berkolaborasi dengan melaksanakan bakti sosial pemberian sembako murah ini di semua desa di wilayah hukum Polsek Cempaga Hulu. Semoga ini menjadi contoh bagi perusahaan lain. Semoga program serupa ini atau dalam bentuk kegiatan sosial yang lain yang dilaksanakan setahun sekali," harapnya. 

Kepala Desa Tumbang Sepayang Alfons J Pandung berterima kasih dan bersyukur dengan adanya program CSR PT KMB (BGA Group) dan Polres dalam agenda bazar sembako murah. Kegiatan ini sangat membantu karena harga sembako sedang tinggi di pasar. 

"Program CSR memberikan keringanan harga paket sembako yang mencapai 25 persen saja harga pembeliannya. Mudah-mudahan program-program seperti ini bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat Desa Tumbang Sepayang maupun sekitarnya. Terima kasih untuk CSR PT KMB dengan giat ini, mari kita bersama-sama untuk maju dan selalu berhubungan baik," ujarnya. 

Barthel A Sukah, tokoh masyarakat setempat juga menyampaikan hal serupa. Dia mengapresiasi kegiatan ini karena sangat membantu masyarakat. 

"Terima kasih kepada PT KMB untuk kegiatan ini. Harga yang diberikan sangat membantu kami di Desa Tumbang Sepayang ini. Ke depan diharapkan semakin banyak program ini maupun program membangun desa," harapnya. 

Heni, salah seorang ibu rumah tangga mengaku sangat terbantu karena harga paket sembako sangat murah. Dia memuji pihak perusahaan yang secara rutin membantu masyarakat. 

"Kami berterima kasih atas CSR PT KMB. Pihak perusahaan selalu memberikan harga yang baik bagi masyarakat. Dulu minyak goreng, sekarang sembako. Semoga selalu menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat. Terima kasih PT KMB," ujar Heni. 

Kepala Desa Tumbang Koling, Iyul T Isa menyambut baik program ini. Pihaknya merasa bangga terhadap PT BGA yang sudah membantu meringankan beban masyarakat setempat dalam memenuhi kebutuhan pokok. 

Camat Cempaga Hulu Ubaidillah "Terima kasih BGA yang sudah melaksanakan program sembako murah ini di semua desa se Kecamatan Cempaga Hulu. Dia berharap ini menjadi contoh bagi perusahaan lain. 

"Semoga program ini dilanjutkan setahun sekali. Masyarakat terasa terbantu dengan program sembako murah ini. Semoga bisa bermanfaat dan meringankan beban masyarakat dengan diadakannya sembako murah ini," demikian Ubaidillah. 

Baca juga: BGA Group dan Polres Kotim gelar bazar sembako murah bantu masyarakat desa

Baca juga: Kementan bantu 4.000 bibit lengkeng untuk poktan binaan BGA

Baca juga: BGA Group Regional Mentaya salurkan ribuan liter minyak goreng murah untuk masyarakat