Gubernur Kalteng: Porprov momentum meningkatkan pembinaan atlet

id Gubernur Kalteng: Porprov momentum meningkatkan pembinaan atlet, Kalteng, Sampit, kotim, gubernur, Sugianto sabran, porprov Kalteng, bupati kotim, hal

Gubernur Kalteng: Porprov momentum meningkatkan pembinaan atlet

Gubernur Sugianto Sabran menyalakan obor menandai dibukanya Porprov XII Kalimantan Tengah saat seremonial pembukaan di Stadion 29 November Sampit, Rabu (26/7/2023) malam. ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menyebut Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah menjadi momentum untuk mengevaluasi dan meningkatkan pembinaan atlet demi prestasi olahraga di provinsi ini. 

"Porprov momentum meningkatkan olahraga Kalimantan Tengah. Mari kita bahu membahu dalam pembinaan atlet karena ini sangat penting," kata Sugianto saat membuka Porprov XII Kalimantan Tengah di Stadion 29 November Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu malam. 

Kegiatan pembukaan dihadiri Wakil Gubernur Edy Pratowo, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kalimantan Tengah, Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor selaku tuan rumah penyelenggara serta bupati dan wali kota di Kalimantan Tengah. 

Sugianto mengaku sangat mendukung upaya-upaya peningkatan prestasi olahraga di Kalimantan Tengah. Namun secara khusus dia berpesan tentang pentingnya pembinaan atlet. 

Untuk itu selain melalui Porprov, dia juga mewacanakan kejuaraan Gubernur Cup pada 2024 nanti. Hal ini untuk terus mendorong tumbuhnya atlet-atlet muda berbakat yang nantinya diharapkan mampu mempersembahkan prestasi bagi daerah. 
Gubernur Sugianto Sabran memberikan bantuan peralatan olahraga untuk 17 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur saat pembukaan Porprov XII Kalimantan Tengah di Stadion 29 November Sampit, Rabu (26/7/2023) malam. ANTARA/Norjani

Melihat pembukaan Porprov XII yang sukses dan sangat meriah, Sugianto memuji dan berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur serta panitia Porprov yang telah bekerja keras. 

Sugianto juga menyebut Porprov XII di Sampit ini merupakan Porprov terakhir yang dihadirinya dalam kapasitas sebagai gubernur karena dia akan mengakhiri masa jabatan pada 2024 nanti setelah memimpin Kalimantan Tengah selama dua periode. 

"Saya mohon maaf jika banyak kekurangan selama ini. Terkait Porprov ini, saya berharap Porprov juga bisa membawa dampak positif dalam meningkatkan perekonomian masyarakat serta mempromosikan potensi daerah," 
demikian Sugianto Sabran. 

Sementara itu Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor selalu Ketua Panitia Besar Porprov XII Kalimantan Tengah menyampaikan, peserta Porprov sebanyak 7.013 orang yang berasal dari 13 kabupaten dan satu kota di Kalimantan Tengah. 
Pesta kembang api dan penampilan Band Repvblik memeriahkan pembukaan Porprov XII Kalimantan Tengah di Stadion 29 November Sampit, Rabu (26/7/2023) malam. ANTARA/Norjani

Mereka terdiri atlet 29 cabang olahraga 4.619 orang, official 1.303 orang, panitia pelaksana dan wasit/juri 909 orang, serta panitia Porprov XII Kalteng 2023 sebanyak 182 orang.

Ada 28 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan satu cabang yang diekshibisikan. Peserta memperebutkan 462 medali emas, 462 medali perak, dan 574 medali perunggu.

Porprov ini bertujuan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kebersamaan, meningkatkan prestasi atlet agar lebih baik dari prestasi pada Porprov maupun PON yang lalu atau sebelumnya, serta  meningkatkan manajemen penyelenggaraan agar kelak dapat menjadi penyelenggaraan event-event 
nasional atau internasional.

"Kami berharap mampu mencapai sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, serta sukses pemberdayaan berbagai potensi daerah Kalimantan Tengah, terutama ekonomi kerakyatan di Bumi 
Tambun Bungai," demikian Halikinnor. 

Sementara itu, seremonial pembukaan Porprov berlangsung meriah. Selain peserta Porprov, ribuan warga Kotawaringin Timur juga hadir menyaksikan dan menikmati kemeriahan pembukaan Porprov yang juga diisi pesta kembang api serta penampilan Band Repvblik. 

Baca juga: Kotim masih memimpin perolehan medali Porprov XII Kalteng

Baca juga: Pasar murah Dishanpang Kalteng di Sampit diserbu pembeli

Baca juga: Tuan rumah peringkat teratas klasemen sementara Porprov XII Kalteng