Bupati Barut puji kesuksesan pelaksanaan Porprov XII Kalteng di Sampit

id Bupati Barut puji kesuksesan pelaksanaan Porprov XII Kalteng di Sampit, Kalteng, Sampit, kotim, kotawaringin Timur, porprov kalteng, bupati kotim, Hal

Bupati Barut puji kesuksesan pelaksanaan Porprov XII Kalteng di Sampit

Bupati Kotim Halikinnor memberikan maskot Porprov XII Kalimantan Tengah kepada Bupati Barut Nadalsyah saat penyambutan kontingen yang tiba di Sampit, Rabu (26/7/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Bupati Barito Utara Nadalsyah memuji kesuksesan pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang dilaksanakan di Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2023.

"Yang namanya penyelenggaraan ini kan ada plus dan minusnya. Saya sudah melihat dari awal pembukaan sangat meriah dan sukses," kata Nadalsyah di Sampit, Sabtu. 

Porprov XII Kalimantan Tengah diikuti sebanyak 7.013 peserta yang berasal dari 13 kabupaten dan satu kota. Mereka terdiri atlet 29 cabang olahraga 4.619 orang, official 1.303 orang, panitia pelaksana dan wasit/juri 909 orang, serta panitia Porprov XII Kalteng 2023 sebanyak 182 orang.

Ada 28 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan satu cabang yang diekshibisikan. Hasil pleno, tuan rumah Kotawaringin Timur menjadi juara umum, mengalahkan Kota Palangka Raya yang selama ini menjadi juara bertahan Porprov Kalteng. 

Peringkat ketiga diduduki Kotawaringin Barat, peringkat keempat diduduki Katingan dan peringkat kelima diduduki lima. Barito Utara sendiri menduduki peringkat delapan. 

Porprov XII Kalimantan Tengah dilaksanakan mulai 26 Juli hingga 5 Agustus 2023. Menjelang penutupan, muncul protes dari kontingen Palangka Raya yang kemudian diproses sesuai ketentuan. 

Baca juga: Pecah rekor, Kotim juara umum Porprov XII Kalteng

Meskipun ada muncul protes, namun secara keseluruhan pelaksanaan Porprov XII Kalimantan Tengah di Sampit berjalan lancar. Bahkan pemerintah provinsi pelaksanaannya sangat sukses dan meriah. 

Kesuksesan itu juga diamini kontingen peserta Porprov. Mereka mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur yang sangat serius dalam mempersiapkan kegiatan olahraga empat tahunan ini. 

"Kami mengapresiasi atas kegiatan Porprov yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur ini walaupun istilahnya ada juga dan kami pun kemarin mengadakan di Barito Utara juga pasti. Jadi penilaian saya banyak baiknya lah dibandingkan kekurangan," ujar Nadalsyah atau akrab disapa Koyem. 

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor yang juga Ketua Panitia Besar Porprov XII Kalimantan Tengah menyampaikan terima kasih dan apresiasinya kepada pemerintah provinsi, seluruh panitia, kontingen, atlet, pelatih dan masyarakat yang telah mendukung sehingga kegiatan berjalan lancar, sukses dan meriah. 

"Kesuksesan ini untuk kita semua karena sejatinya Porprov ini bertujuan untuk terus mendorong pembinaan atlet dan peningkatan prestasi olahraga kita di Kalimantan Tengah secara keseluruhan," demikian Halikinnor.

Baca juga: Komdis Asprov PSSI Kalteng rekomendasikan Sukamara didiskualifikasi di Porprov 2023

Baca juga: IPSI Kalteng optimistis atlet lokal mampu berprestasi di tingkat nasional

Baca juga: PT Sukajadi Sawit Mekar optimalkan program rehabilitasi sempadan sungai