Pecah rekor, Kotim juara umum Porprov XII Kalteng

id Pecah rekor, Kotim juara umum Porprov XII Kalteng, Kalteng, sampit, kotim, kotawaringin Timur, porprov kalteng

Pecah rekor, Kotim juara umum Porprov XII Kalteng

Wakil Gubernur Edy Pratowo menyerahkan piala kepada Bupati Halikinnor atas capaian Kotawaringin Timur menjadi juara umum Porprov XII Kalimantan Tengah. Wakil Gubernur Edy Pratowo juga resmi menutup Porprov XII Kalimantan Tengah, Sabtu (5/8/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kabupaten Kotawaringin Timur sukses meraih sukses ganda di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah yang digelar di Sampit karena selain sukses sebagai tuan rumah penyelenggara, juga sukses memecah rekor menjadi Juara Umum Porprov, melampaui juara bertahan Kota Palangka Raya. 

"Kami ucapkan selamat kepada Kabupaten Kotawaringin Timur yang telah sukses dalam Porprov XII Kalimantan Tengah ini. Sukses menjadi panitia penyelenggara, sukses tuan rumah dan sukses prestasi karena Kotawaringin Timur menjadi juara umum Porprov," kata Wakil Gubernur Edy Pratowo saat menutup Porprov XII Kalimantan Tengah di Stadion 29 November Sampit, Sabtu malam. 

Porprov XII Kalimantan Tengah digelar di Sampit digelar mulai 26 Juli dan ditutup Sabtu (5/8) malam. Kotawaringin Timur menjadi juara umum dengan selisih medali sangat signifikan yaitu terpaut 30 medali emas dibanding Kota Palangka Raya yang berada di peringkat kedua. 

Sementara itu peringkat ketiga diraih Kabupaten Kotawaringin Barat, disusul Katingan di peringkat keempat dan Sukamara di peringkat kelima. 

Berdasarkan data dirilis panitia dari hasil akhir rapat pleno rekapitulasi perolehan medali pada Sabtu, posisi tuan rumah tidak tergoyahkan di peringkat atas perolehan medali. 

Kotawaringin Timur terdiri 319 medali terdiri 113 emas, 88 perak dan 118 perunggu. Peringkat dua diraih Kota Palangka Raya dengan 263 medali terdiri 82 emas, 83 perak dan 98 perunggu. 

Peringkat tiga diduduki Kotawaringin Barat terdiri 145 medali terdiri 46 emas, 48 perak dan 51 perunggu. Peringkat empat diduduki Katingan yang memperoleh 97 medali terdiri 37 emas, 20 perak dan 40 perunggu. 
Penyanyi dangdut Ibu Kota Jakarta memeriahkan malam penutupan Porprov XII Kalimantan Tengah. Wakil Gubernur Edy Pratowo juga resmi menutup Porprov XII Kalimantan Tengah, Sabtu (5/8/2023)
malam. ANTARA/Norjani

Peringkat lima diduduki lima diduduki Sukamara yang memperoleh 102 medali terdiri 35 emas, 29 perak dan 38 perunggu. Sedangkan peringkat enam diduduki Kapuas yang memperoleh 103 medali terdiri 25 emas, 31 perak dan 47 perunggu. 

Peringkat tujuh diduduki Seruyan yang memperoleh 67 medali terdiri 22 emas, 15 perak dan 30 perunggu. Peringkat delapan diduduki Barito Utara yang memperoleh 75 medali terdiri 21 emas, 31 perak dan 23 perunggu. 

Kabupaten Pulang Pisau menduduki peringkat sembilan dengan memperoleh 93 medali terdiri 19 emas, 28 perak dan 46 perunggu. Peringkat 10 diduduki Lamandau yang memperoleh 69 medali terdiri 17 emas, 19 perak dan 33 perunggu. 

Peringkat 11 diduduki Murung Raya yang memperoleh 53 medali terdiri 17 emas, 13 perak dan 23 perunggu. Peringkat 12 diduduki Barito Timur yang memperoleh 28 medali terdiri 3 emas, 9 perak dan 16 perunggu. 

Peringkat 13 diduduki Gunung Mas yang terdiri 20 medali terdiri 3 emas, 9 perak dan 8 perunggu. Posisi juru kunci diduduki Barito Selatan yang hanya memperoleh 35 medali terdiri 2 emas, 11 perak dan 22 perunggu.

"Atlet yang menjadi juara pada Porprov ini harus bersiap dan akan dibina untuk menghadapi Pra PON dan PON. Kami yakin kita mampu berprestasi di tingkat nasional, bahkan internasional," ujar Edy seraya memuji kesuksesan dan kemeriahan Porprov di Sampit. 

Bupati Halikinnor menyampaikan terima kasih atas dukungan Gubernur Sugianto Sabran, Wakil Gubernur Edy Pratowo dan semua pihak yang telah banyak membantu pelaksanaan Porprov. Dia juga bangga atas kekompakan dan kerja keras seluruh panitia dan dukungan semua pihak dalam membantu kegiatan ini. 
Pertunjukan barongsai memeriahkan malam penutupan Porprov XII Kalimantan Tengah di Stadion 29 November Sampit, Sabtu (5/8/2023). ANTARA/Norjani

Terkait kesuksesan menjadi juara umum, Halikinnor mengakui ini menjadi kebanggaan bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Dia berterima kasih kepada seluruh atlet, pelatih dan pendamping yang telah bekerja keras sehingga mencapai hasil maksimal. 

Menurut Halikinnor, suksesnya pelaksanaan Porprov Kalteng ini dinilai menjadi bukti kerja keras bersama, baik pemerintahan, panitia, wasit, juri, official, atlet, hingga pihak lain yang terlibat. 

"Sebagai Bupati Kotawaringin Timur, kami memang berhasil meraih target juara umum. Tetapi, sebagai Panitia Besar Porprov XII Kalteng 2023, bagi kami kita semua adalah juara. Juara bersama dalam menyukseskan Porprov Kalteng 2023," kata Halikinnor. 

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kotawaringin Timur Ahyar Umar menyampaikan terima kasih atas kerja keras dan kekompakan panitia sehingga acara ini berhasil dengan baik. 

Dia menyebut, ini merupakan yang pertama kali bagi Kotawaringin Timur menjadi tuan rumah Porprov dan pertama kalinya juga menjadi juara Umum Porprov. Selama ini gelar juara umum selalu diraih Palangka Raya, namun kali ini sukses diambil alih Kotawaringin Timur. 

"Kesuksesan ini menjadi hal baru bagi kita Kotawaringin Timur. Selain sukses menjadi tuan rumah, Kotawaringin Timur juga sukses menjadi juara umum. Ini pertama kalinya Kotawaringin Timur menjadi juara umum Porprov karena selama ini selalu Kota Palangka Raya yang menjadi juara umum," demikian Ahyar Umar. 

Sementara itu, acara penutupan Porprov XII Kalimantan Tengah berjalan meriah. Masyarakat memadati acara sekaligus menikmati hiburan dari penyanyi dangdut ibu kota. 

Baca juga: Tuan rumah masih kokoh di puncak klasemen Porprov XII Kalteng

Baca juga: IPSI Kalteng optimistis atlet lokal mampu berprestasi di tingkat nasional

Baca juga: Medali emas bola voli Porprov Kalteng diraih Kotim dan Sukamara