DAD Lamandau berikan gelar adat kepada Ketua PWI

id Pemkab lamandau, lamandau, nanga bulik, hendra lesmana

DAD Lamandau berikan gelar adat kepada Ketua PWI

Ketua PWI Atal menerima Gelar Adat Omas Pena Setia Jaya oleh Dewan Adat Dayak Kabupaten Lamandau, Nanga Bulik, Minggu (6/8). (ANTARA/HO-Pemkab Lamandau)

Nanga Bulik (ANTARA) - Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tahun 2023 diselenggarakan di Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau pada 6-8 Agustus 2023.

Dalam Peringatan HPN tingkat Provinsi Kalimantan Tengah ini, dihadiri langsung Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S Depari.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Ketua PWI yang telah datang ke Bumi Bahaum Bakuba dalam rangka peringatan HPN 2023 tingkat Provinsi Kalteng," kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana sekaligus Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten, Nanga Bulik, Minggu (6/8).

Ketua PWI Atal dalam kesempatan ini juga menerima Gelar Adat Omas Pena Setia Jaya oleh Dewan Adat Dayak Kabupaten Lamandau yang diselenggarakan di rujab bupati dan dipimpin Kerapatan Adat DAD Lamandau.

Prosesi pemberian gelar adat (Penggolaran Adat) ini sebagai bentuk penghormatan dan diharap penerima golar dapat menjaga perilaku dan martabat secara bertanggung jawab dalam penggunaannya.

Baca juga: Hari Jadi ke-21 Lamandau, terus berinovasi memajukan daerah

Hingga pada akhirnya mampu memberi dampak positif terhadap pengembangan adat istiadat di wilayah masyarakat adat Dayak Kabupaten Lamandau. 

"DAD Lamandau memutuskan memberi Golar Adat ini, ada sisipan doa pada prosesnya, semoga kebaikan selalu menyertai Atal S Depari, serta mendapatkan kesan yang baik dari masyarakat Lamandau," tuturnya. 

Bupati juga menambahkan pelaksanaan kegiatan HPN di Kabupaten Lamandau tersebut, sekaligus dirangkai dengan penyelenggaraan Festival Babukung.

"Tujuannya agar khalayak dan para undangan bisa menyaksikan keindahan dan keragaman budaya di Kalimantan Tengah, khususnya di Kabupaten Lamandau," ucapnya.

Baca juga: Hadiri HUT ke-21 Lamandau, DPRD Kalteng minta pembangunan terus digencarkan

Baca juga: Bupati Lamandau minta Paskibraka teladani semangat para pejuang