Porprov Kalteng sukses, Kotim siap tuan rumah kejuaraan nasional

id Porprov Kalteng sukses, Kotim siap tuan rumah kejuaraan nasional, kalteng, sampit, kotim, Kotawaringin Timur, bupati kotim, Halikinnor

Porprov Kalteng sukses, Kotim siap tuan rumah kejuaraan nasional

Bupati Halikinnor dan Sekretaris Daerah Fajrurrahman saat penutupan Porprov XII Kalimantan Tengah di Stadion 29 November Sampit, Sabtu (5/8/2023). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Sukses menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah pada 26 Juli hingga 5 Agustus 2023 lalu hingga menuai banyak pujian, Kabupaten Kotawaringin Timur menyatakan siap jika kembali dipercaya menjadi tuan rumah kejuaraan provinsi, bahkan nasional. 

"Kalau kita dipilih menjadi tuan rumah kejuaraan nasional pun kita siap. Ini terbukti bahwa kita bisa menyelenggarakan Porprov, bahkan semua kontingen mengakui mulai pembukaan sampai di penutupan, pelaksanaannya luar biasa. Artinya kita siap untuk menyelenggarakan event di Kabupaten Kotawaringin Timur ini," ujar Bupati Halikinnor di Sampit, Kamis. 

Menurut Halikinnor, pelaksanaan Porprov lalu menjadi tantangan tersendiri bagi Kotawaringin Timur yang dipercaya menjadi tuan rumah. Hal ini lantaran selain venue atau tempat pertandingan, sejumlah fasilitas pendukung lainnya juga harus tersedia untuk menampung kontingen, seperti hotel, losmen atau penginapan. 

Diakui, jumlah tamu yang datang ke Sampit saat Porprov diperkirakan lebih dari 10.000 orang. Hal itu lantaran selain atlet dan official, diperkirakan banyak keluarga atlet dan warga turut datang ke Sampit menyaksikan kemeriahan Porprov, sekaligus berlibur ke Sampit. 

Halikinnor bersyukur semua terlayani dengan baik karena beberapa fasilitas milik pemerintah seperti Islamic Center dan milik swasta seperti perumahan, juga bisa digunakan untuk menampung kontingen yang tidak kebagian hotel karena baru tiba belakangan. 

Baca juga: Kotim sukses juara Gala Siswa Indonesia ketiga kali

Secara khusus dia bersyukur karena Kotawaringin Timur meraih sukses besar pada Porprov ini yakni sukses menjadi tuan rumah penyelenggara, sukses prestasi menjadi juara umum, serta sukses dari sisi dampak ekonomi dengan perputaran uang sedikitnya Rp48,46 miliar selama Porprov berlangsung. 

Dia juga menyebut kesuksesan Porprov merupakan kesuksesan bersama dunia olahraga Kalimantan Tengah. Hal itu dibuktikan dengan prestasi seluruh kabupaten/kota yang berhasil meraih medali emas meski dengan jumlah berbeda-beda. 

Selaku tuan rumah, berkaca dari kesuksesan Porprov itulah pihaknya menyatakan siap menjadi tuan rumah kegiatan besar lainnya, semisal Gubernur Cup bahkan kejuaraan nasional berbagai cabang olahraga. 

Pemerintah kabupaten juga berkomitmen untuk terus mengembangkan sarana dan prasarana olahraga. Selain merawat yang sudah ada, pemerintah daerah juga berharap bisa menambah dan melengkapi, seperti membuat kolam renang dan sirkuit road race berstandar nasional agar bisa digunakan untuk pertandingan tingkat nasional, bahkan internasional. 

"Olahraga ini juga membawa dampak positif terhadap promosi daerah dan pariwisata karena bisa mendatangkan banyak orang ke daerah kita sehingga berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat. Mendatangkan orang untuk berkunjung ke sini tidak melulu melalui kegiatan pariwisata, tetapi juga melalui olahraga," demikian Halikinnor. 

Baca juga: Peran guru sangat menentukan keberhasilan penerapan Kurikulum Merdeka di Kotim

Baca juga: Bupati Kotim perintahkan tim anggaran prioritaskan pelunasan TPP

Baca juga: Bupati Kotim bersyukur bisa mempertahankan tenaga kontrak