Tim Satgas padamkan karhutla seluas 1,43 hektare di Palangka Raya

id Karhutla ,Palangka Raya,Kalteng,Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa,Tim Satgas Karhutla Kelurahan

Tim Satgas padamkan karhutla seluas 1,43 hektare di Palangka Raya

Tim Satgas Karhutla Kelurahan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memadamkan karhutla yang terjadi di Kelurahan Petuk Katimpun, Kamis (10/8/2023). ANTARA/Humas Polresta Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah berjibaku memadamkan karhutla seluas 1,43 hektare dengan menggunakan peralatan yang telah tersedia.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Pol Budi Santosa di Palangka Raya, Kamis, mengatakan tim Satgas Karhutla memadamkan karhutla seluas 1,43 hektare itu terletak di Jalan Karya Hapakat, Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya dan personel di lapangan berjibaku dengan peralatan yang sudah disediakan.

"Jadi memang benar, kami dari Tim Satgas Karhutla beberapa saat yang lalu telah memadamkan kobaran api yang terjadi di Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya tepatnya di Jalan Karya Hapakat dan saat ini kondisinya sudah padam," katanya.

Baca juga: DPRD Palangka Raya ingatkan warga waspadai bahaya karhutla

Sedangkan berdasarkan pengakuan personel Bhabinkamtibmas Kelurahan setempat Aida Azis Nugroho menuturkan, karhutla tersebut dapat dijinakan tentunya berkat kesigapan dan sinergitas yang baik antara Polri-TNI dan Tim Serbu Api Kelurahan (TSAK), kobaran api berhasil dipadamkan meskipun kondisi di lapangan adalah lahan kering dan bekas tebasan yang sangat mudah terbakar.

"Atas kejadian tersebut, kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak menjadi pelaku pada kasus karhutla. Ingat kelestarian alam adalah tanggungjawab kita bersama," bebernya.

Ditambahkan Azis, bencana karhutla di Kota Palangka Raya khususnya di wilayah yang menjadi tanggungjawabnya tersebut sangat sering terjadi karhutla. Beruntung kejadian tersebut selalu berhasil ditangani dengan baik oleh tim Satgas Karhutla yang selama ini sigap dalam mengantisipasi terkait hal tersebut.

Baca juga: BPBD Palangka Raya usulkan penambahan personel tangani karhutla

"Sebab kalau hal tersebut tidak diantisipasi atau dibiarkan, maka akan banyak masyarakat di daerah setempat mengalami kerugian salah satunya kerugian kesehatan bahkan roda perekonomian masyarakat juga akan terganggu," demikian Azis Nugroho.

Dari pantauan di lapangan, keseriusan pemerintah kota, TNI-Polri beserta Stakeholder  di Kota Palangka Raya benar-benar fokus dalam menindaklanjuti terkait bahaya karhutla tersebut.

Buktinya kejadian di beberapa titik berhasil diatasi oleh tim Satgas yang tersebar di setiap kelurahan yang ada di wilayah daerah setempat.  

Baca juga: Polisi bersama MPA di Palangka Raya patroli gabungan cegah karhutla

Baca juga: Helikopter BNPB mendarat mendadak di lahan gambut wilayah Kobar

Baca juga: Polresta Palangka Raya cek sumber air untuk antisipasi karhutla